ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Rida Nur Aulia

Abstract

Studi literatur dengan judul “Analisis Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Metode Bercerita Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar” ini menjelaskan litearus mengenai keterampilan berbicara menggunakan metode bercerita dengan model literatur review. Teknik yang digunakan adalah metode perbandingan. Tujuan penelitian ini di latar belakangi oleh kebutuhan di lingkungan sekolah dasar, karena permasalahn dan kesulitan penerapan pembelajaran pada keterampilan berbicara siswa sekolah dasar sangat diperlukan. Peneliti mengidentifikasi pokok bahasan yang dianalis dalam penelitian ini sebanyak 15 jurnal. Keterampilan berbicara dengan bercerita sebanyak sembilan, keterampilan berbicara menggunakan bermain peran sebanyak satu, keterampilan berbicara dalam mengamati pembelajaran Indonesia sebanyak tiga, keterampilan berbicara menggunakan metode cerita dan dibantu media gambar sebanyak satu, dan keterampilan berbicara dalam mengasah minat dan bakat sebanyak satu.

Article Details

How to Cite
Nur Aulia, R. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Karimah Tauhid, 2(5), 1993–2006. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9659
Section
Articles

References

Ahmad Azhari, darmiany, H. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN 1 Sakra Selatan Ahmad. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 25–34.

Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 2(1), 7–11.

Darsih, E., & Hanggara, A. (2023). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Pembelajaran Public Speaking Pada SD Negeri 1 Desa Cipakem Kecamatan Maleber. KALANDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 30–36.

Isnainy, S., & Setyawan, A. (2021). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III di SDN Telang 1. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 12–16.

Lega, M. D. (2014). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS III SDK LEI. Jurnal: Kreatif Tadulako, 2(1), 243–256.

Maslamah, D. (2023). Pengembangan Program Kamis Kreasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Di Sdn Sisir 05 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 1–23.

Meliana Manullang, D. (2022). Efektivitas Metode Bercerita terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbahasa Anak pada Tema 2 Subtema 2 oleh Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.

Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 618–625.

Ningsih, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 243–256.

Nurwahyuni, K., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Cerita Berantai. Prosiding …, 114–123.

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626

Puspita Sari, V. D. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 88–98. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7718

Rapida Yana, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(4), 185–197.

Rima Rikmasari, M. N. H. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIK, XI(1), 1–23.

sri asi, I. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Diskusi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1408), 421–435.

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Mega f, a zainal. (n.d.).