IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Sekolah merupakan sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa di bawah pengawasan guru atau pendidik. Sekolah bertugas untuk mengembangkan kepribadian siswa secara menyeluruh. Sekolah juga bertujuan untuk menciptakan sikap dan perilaku religious di lingkungan dalam maupun luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bagaimana pendidikan karakter yang di terapkan pada dua sekolah dasar yang berada di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter yang dilakukan di dua sekolah tersebut berjalan dengan sesuai.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Christina. (2003). No Title. Zitteliana, 19(8), 159–170.
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Mathematics, A. (2016). No Title No Title No Title. 1–23.
Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.
Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter Di Sekolah. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795
Saleh, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 17(2), 101. https://doi.org/10.47466/hikmah.v17i2.198
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Tranat. (2012). Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2012), 16–61.
Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144
Fauziah dan Roestamy. Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid. Depok : PT Raja Grafindo Persada, 2020.
Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia Bunga Rampai Asosiasi Doktor PENDIDIKAN DASAR INDONESIA Teori, Implikasi dan Implementasi di kelas. Purwakerto Selatan : CV. Pena Persada, 2022.