PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Guru harus mengatur semua kegiatan di kelas untuk memberikan instruksi yang fleksibel karena mengajar adalah seni. Penting untuk melibatkan anak-anak dalam pembelajaran mereka selain menghindari instruksi berulang. Instruktur sekolah dasar mendapatkan pelatihan untuk mengajar IPA menggunakan teknik unik mereka sendiri, melatih atau mencontohkan setiap tindakan di kelas, atas permintaan siswa pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa baik mahasiswa PGSD dapat menggunakan pendekatan keterampilan proses saat simulasi digunakan dalam pembelajaran kelas IPA. Evaluasi dan simulasi RPP sebelum kelas menjadi pokok bahasan penelitian ini, yang menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dan sumber data. Penilaian dan perbandingan rencana pelaksanaan penelitian yang mereka buat dengan hasil simulasi mereka berfungsi sebagai langkah awal dalam teknologi pengumpulan informasi. Bahan SD kelas energi IV digunakan. Hasil evaluasi RPP menunjukkan 70% kriteria baik dan 30% cukup dengan skor rata-rata 80,40. Dari hasil simulasi diketahui bahwa 39% menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam menerapkan RPP saat pembelajaran sangat baik, 31% mendapat nilai dalam kategori baik, 23% dalam kategori cukup, namun masih ada 8% siswa yang mengelola simulasi kelas dengan buruk, menghasilkan skor rata-rata 80 hingga 71.
Guru harus mengatur semua kegiatan di kelas untuk memberikan instruksi yang fleksibel karena mengajar adalah seni. Penting untuk melibatkan anak-anak dalam pembelajaran mereka selain menghindari instruksi berulang. Instruktur sekolah dasar mendapatkan pelatihan untuk mengajar IPA menggunakan teknik unik mereka sendiri, melatih atau mencontohkan setiap tindakan di kelas, atas permintaan siswa pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa baik mahasiswa PGSD dapat menggunakan pendekatan keterampilan proses saat simulasi digunakan dalam pembelajaran kelas IPA. Evaluasi dan simulasi RPP sebelum kelas menjadi pokok bahasan penelitian ini, yang menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dan sumber data. Penilaian dan perbandingan rencana pelaksanaan penelitian yang mereka buat dengan hasil simulasi mereka berfungsi sebagai langkah awal dalam teknologi pengumpulan informasi. Bahan SD kelas energi IV digunakan. Hasil evaluasi RPP menunjukkan 70% kriteria baik dan 30% cukup dengan skor rata-rata 80,40. Dari hasil simulasi diketahui bahwa 39% menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam menerapkan RPP saat pembelajaran sangat baik, 31% mendapat nilai dalam kategori baik, 23% dalam kategori cukup, namun masih ada 8% siswa yang mengelola simulasi kelas dengan buruk, menghasilkan skor rata-rata 80 hingga 71.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Kartimi, Gloria, R. Y., & Ayani. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun. Jurnal Scientiae Educatia, 2(1), 73–85. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/524
Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 01(1), 15–22. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i1.886
Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.
Susanto, R., Syofyan, H., & Rachmadtullah, R. (2020). Teacher Leadership in Class on The Formation of School Values and Characters of School-Ages. 1, 3–7. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290861
Syofyan, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi Di Sd Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 134. https://doi.org/10.21009/jpd.061.12
Syofyan, H. (2018). Analisis Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76–85. https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/4.-Analisis-Gaya-Belajar-Dan-Motivasi-Berprestasi-Terhadap-Hasil-Belajar-IPA.pdf
Syofyan, H., & Soraya, R. (2018). Pelatihan Penerapan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Ipa di SD Pelita 2. Jakarta Barat Jurnal Abdimas, 4(2), 216–220.
Syofyan, H., Vebryanti, & Rahmania, Y. (2020). Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 1–9. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/15304/8708
Syofyan, H., & Yuliati. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Mahasiswa Pgsd Universitas Esa Unggul. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu &Call for Papers Unisbank Ke-3, 3(Sendi_U 3), 779–788. https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-gaya-belajar-dan-motivasi-berprestasi-terhadap-hasil-belajar-ipa-mahasiswa-pgsd-universitas-esa-unggul-10102.html
Wulandari, R., & Masruri, M. S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Simulasi Dengan Reinforcement Di Smpn 2 Jetis Bantul. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.9696