Meningkatkan Mutu Rancangan Model Pembelajaran untuk Guru PAI di Sekolah Dasar

Authors

  • Amirah Ramadhani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9614

Keywords:

Mutu, Model Pembelajaran, Guru.

Abstract

Model pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru sekolah dasar pada umumnya tidak sedikit yang menerapkan model pembelajaran yang tidak menyesuaikan kondisi peserta didik. Sehingga dari sekian banyaknya model pembelajaran yang sebelumnya telah dipelajari dan dipahami oleh para guru tidak mereka terapkan kepada para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat mutu rancangan model pembelajaran terhadap guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi literatur review yang analisis dan juga terkait buku, artikel, jurnal, atau sumber relevan lainnya yang masih berkesinambungan dengan topik penelitian. Langkah penelitian yang dilakukan adalah mengindentifikasikan topil pada tulisan, meringkas dan manarik kesimpulan terkait dengan topik yang dibahas. Peneliti menggali informasi melalui jurnal karimah tauhid dan Google Scholar. Studi ini mengulas berbagai temuan penelitian terkait peran guru untuk meningkatkan mutu rancangan model pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar saat proses pembelajaran berlangsung. Melalui adanya perancangan yang maksimal, maka proses pembelajaran tersebut dapat menghasilkan peserta didik yang dapat mencapai akhir tujuan rancangan pembelajaran tersebut serta apa yang diharapkan oleh guru dan pihak sekolah.

References

Adnan, M. (2018). Urgensi Penerapan Metode Paikem Bagi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.42

Awaluddin, A. (2019). Penerapan metode tanya jawab dalam upaya meningkatkan mutu belajar agama islam pada siswa SD kelas Vi Gelangsar lombok barat. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 335–338. https://doi.org/10.58258/jupe.v4i5.1003

Dana Sujana, Husen Saeful Insan, & Ahmad Sukandar. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Portofolio Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pai (Studi Kasus Di Sdn Cempakaputih Kabupaten Bandung). PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.37567/prymerly.v5i1.1233

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Helmi, H., & Sya, M. F. (2018). Implementasi Pendidikan Terpadu Dan Program Tepat Guna Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 6. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1185

Ismail, S., & W., S. (2023). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 10399–10408. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1939

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Komarudin, K. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pakem. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 66–71. https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2590

Kosim, A., & Subhi, M. R. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Madaniyah, 1(10), 124–142. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/97

Musthofa. (2019). Pendidikan Spiritual Dalam Pembentukan Karakter Siswa Perspektif Al-Qur’an. Disertasi, 1–368.

Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 44–68. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.901

Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 95–113.

Octaviana, D. R., Sutomo, M., & Mashudi. (2022). Model Pembelajaran Dick and Carey Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Tawadhu, 6(2), 114–126.

Ramli, M. (2015). Rancangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbiyah Islamiyah, 5(2), 56–78. https://doi.org/10.18592/tiftk.v5i2.755

Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Ramadhani, A. . (2023). Meningkatkan Mutu Rancangan Model Pembelajaran untuk Guru PAI di Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 2(6), 2424–2432. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9614
Abstract viewed = 6 times