Hambatan Guru Bahasa Inggris Terhadap Kesejahteraan dalam Mengajar di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali hambatan yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris dalam mengajar selama pandemi COVID-19 dan dampaknya terhadap kesejahteraan mereka. Beberapa kendala yang diidentifikasi termasuk kesulitan dalam menggunakan media sosial untuk pembelajaran jarak jauh, keterbatasan teknologi, dan kurangnya interaksi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan secara online. Penggumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket pertanyaan secara online kepada 7 responden dari beberapa guru sekolah dasar yang mengalami dampak pandemi Covid-19. Responden merupakan bapak dan ibu guru yang memiliki rentan usia sekitar lebih dari 25 tahun. Jenis kelamin dari ke 7 responden perempuan (5) laki-laki (2). Strategi yang diusulkan termasuk meningkatkan pelatihan teknologi bagi guru, memperkuat dukungan sosial, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana pandemi COVID-19 telah memengaruhi pengajaran Bahasa Inggris dan kesejahteraan guru selama masa pandemi Covid-19.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Erna Andriyanti, Ashadi, Widyastuti Purbani, Permata Salsabila, & Anis Ichwati Nur Rohmah. (2020). Pengalaman Pengajaran Bahasa Inggris Di Masa Krisis Covid-19: Sebuah Kajian Fenomenologi. Universitas Negeri Yogyakarta, 3900, 1–145. https://simppm.lppm.uny.ac.id/uploads/8731/laporan_akhir/laporan-akhir-8731-20201231-093931.pdf
Lathifah, Z. K., Adri, H. T., Utami, I. I. S., Sya, M. F., & Uslan. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4557
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293
Pourbahram, R., & Sadeghi, K. (2022). English as a Foreign Language Teachers’ Wellbeing amidst COVID-19 Pandemic. Applied Research on English Language, 11(4), 77–98. https://doi.org/10.22108/ARE.2022.132648.1858
Rahmawati, N. O., Sya, M. F., & Kurniasari, D. (2022). Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pecahan Campuran Siswa Kelas Tinggi Di Masa Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 147–156. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6296
Suhartini, Andewi, Summary, & Executive. (2014). Faktor- Faktor Keberhasilan Al-Ghazali Executive Summary. 3.