SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH QOTHRUN NADA

Main Article Content

Muhamad Hasan Basri
Abdul Kholik

Abstract

Tujuan penelitian ini guna untuk mengetahui sebuah permasalahan yang ada di sistem informasi manajemen pendidikan akademik yang ada di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Qothrun Nada, untuk Metode Penelitian yang saya gunakan saat peneltian yaitu dengan metode Kualitatif guna memahami lebih dalam dipermasalahan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Akademik Madrasah Ibtidaiyah Qothrun Nada, disini saya membahas dan meneliti permasalah di sekolah tersebut dengan cara wawancara adapaun pertanyaan yang saya ajukan yakni 1. Apa kelemahan utama dari sistem informasi manajemen pendidikan akademik yang saat ini digunakan di sekolah, 2. Apa masalah yang sering muncul dalam penggunaan sistem informasi manajemen pendidikan akademiksaat ini, 3. Bagaimana proses pengumpulan dan pengelolaan data akademik dilakukan disekolah ini, 4. Bagaimana sistem informasi manajemen pendidikan akademik saat ini memenuhi kebutuhan pengguna seperti guru, siswa, dan orang tua, 5. Apakah ada kesulitan dalam mengakses atau mendapatkan informasi akademik yang diperlukan dalam sistem ini. Penggunaan Sistem Informasi Akademik di sekolah sangatlah penting bagi Guru, Siswa dan Wali Murid di Madrasa Ibtidaiyah Qatrun Nada. Karena sistem tersebut merupakan suatu kebijakan yang baru, maka dalam penerapannya diperlukan sosialisasi kepada pihak terkait untuk memberikan pemahaman lebih lanjut terkait penggunaan maupun akses yang akan dilakukan.

Article Details

How to Cite
Basri, M. H., & Abdul Kholik. (2023). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH QOTHRUN NADA. Karimah Tauhid, 2(5), 2343–2354. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9166
Section
Articles

References

Al Faraday, J. W., Wicaksono, S. A., & Saputra, M. C. (2018). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah Dasar (Studi Pada SDN Wates Kabupaten Kediri). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Charitanya Sambhara.2020 “Information Management Challenges and the Adverse Consequences of Using Reverse Auction,” Information & Management 57, no. 8

Edda Sant “Democratic Education: A Theoretical Review (2006-2017),” Review of Eduvational Research 89, no. 5

Telaumbanua, S. R., Harefa, A. R., & Lase, N. K. (2022). Problematika Penerapan Pembelajaran Daring. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 23-32.

Elisa Kupers et al., “Children’s Creativity.2019 . A Theoretical Framework and Symtematic Review,”Review of Educational Research 89, no. 1

Gary R. Reeves and Robert S. Bussom.2020. “Information System Curricula: Business versus Academic Viewpoints,”Information & Management 3, no. 6

Hanafi, R. (2020). Pengembangan sistem informasi manajemen akademik di SMK Nasional Berbah Sleman. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 144-152.

Julien S. Bureau et al.2020. “Pathways to Student Motivation: A Meta-Analysis of Antecedents of Autonomous and Controlled Motivations.”Review of Educational Research

Husni Wahyu Saputro, DKK.2022. “ANDROID-BASED FOOD ORDERING INFORMATION SYSTEM AT WBC KUDUS FOOD STALLS, “Journal of Dialectics Informatics 2, no. 2

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340-345.

Qatrunnada, P. N. (2020). Analisis Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(2), 97-103.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Wahyudi, A., Sowiyah, S., & Ambarita, A. (2015). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Web. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 3(1).

Suhada, D. I., Delviga, D., Agustina, L., Siregar, R. S., & Mahidin, M. (2022). Analisis Keterbatasan Akses Jaringan Internet Terkait Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Desan Talun Kondot, Kec. Panombeian Panei, Kab. Simalungun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 256-262.

Prastowo, A. (2018). Perubahan Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan SD/MI Di Indonesia: Dari Ktsp Menuju Kurikulum 2013. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(1), 36-52.