FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH DI SKPD BERUPA KOMPTENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH

Main Article Content

Rieska Secar Islamiah

Abstract

Laporan keuangan yang berkualitas menandakan bahwa informasi yang terkait didalam nya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, karena Laporan tersebut sudah relevan dan sesuai dengan standar Akuntansi pemerintah.Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah komptensi sumber daya manusia ,penerapan laporan keuangan daerah merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kualitas laporan keuangan daerah di SKPD. Yaitu dengan ditandai masih sedikitnya tenaga kerja akuntansi pada pemerintahan daerah yang mampu memahami laporan akuntansi keuangan daerah sesuai dengan SAP sehingga hal tesebut dapat mempengaruhi Laporan kualiatas keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan metode Analisis berganda yaitu kuantitatif ,Berdasarkan hasil penelitian komptensi Sumber daya manusia dan penerpapan sistem akuntansi keuangan daerah memiliki pengaruh penting terhadap kualitas laporan keuangan daerah di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yakni dengan ditunjukan hasil yang signifikan postif terhadap kedua variable tersebut.

Article Details

How to Cite
Secar Islamiah, R. (2023). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH DI SKPD BERUPA KOMPTENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH. Karimah Tauhid, 2(5), 1802–1806. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9094
Section
Articles

References

REFERENSI

Andini, D. (2015). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan. Jurnal Ekonomi KIAT, 26(1), 65-82.

Mahardini, N. Y., & Miranti, A. (2018). Dampak Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Banten Tahun Anggaran 2015. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 5(1), 22-32.

Mentu, E., Sondakh, J. J. (2016). Penyajian Laporan Keuangan Daerah Sesuai Peraturan Pemerintah No.71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan Pada Dinas Pendapatan Daerah Dan Dinas Sosial Prov. Sulut. Jurnal EMBA, 4(1), 1392–1399.