PERAN GURU SEBAGAI ROLE MODEL DAN TELADAN DALAM MENINGKATKAN MORALITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Parda Silvia Pratama
Annissa Mawardini
Rini Rahayu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru di sekolah dasar dapat menjadi teladan moral bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan metode pengumpulan data berupa wawancara. Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai 5 orang responden, yang terdiri dari dua guru sekolah dasar dan tiga siswa sekolah dasar. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang guru yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berkepribadian baik, menjunjung tinggi nilai-nilai moral, menanamkan proses berpikir positif, dan berpengaruh terhadap perubahan siswa adalah guru teladan. Hal ini disebabkan karena guru merupakan cerminan bagi siswa yang diharapkan menjadi panutan yang dapat dikagumi dan diteladani. Oleh karena itu, guru teladan adalah guru yang memberikan ilmu dengan ikhlas dan semata-mata karena Allah SWT.

Article Details

How to Cite
Silvia Pratama, P., Annissa Mawardini, & Rini Rahayu. (2023). PERAN GURU SEBAGAI ROLE MODEL DAN TELADAN DALAM MENINGKATKAN MORALITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR. Karimah Tauhid, 2(5), 2013–2027. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9046
Section
Articles

References

Ardiyansyah, H., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Bantur. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 1-7.

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan karakter guna menanggulangi dekadensi moral yang terjadi pada siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 16-26.

Djollong, A. F. (2017). Kedudukan guru sebagai pendidik. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2).

Fadli, F. (2019). Metode Praktek dalam Memperkenalkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di PAUD Mawar Tasikrejo Pemalang. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 121-136.

HAWA, S. (2020). PERAN GURU SEBAGAI ROLE MODEL MENURUT KONSEP ALBERT BANDURA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013. JURNAL AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(1).

Huda, S. N., & Afrina, F. (2020). Rasulullaah Sebagai Role Model Bagi Pendidik (Kajian Terhadap Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 21). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 72-88.

Kandiri, K., & Arfandi, A. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1-8.

Karso, K. (2019, February). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PALEMBANG (Vol. 12, No. 01).

Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). Pendekatan Konseling Behavioral terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34-47.

Purnama, R. A. (2009). MEMBANGUN KESADARAN MORAL DALAM ETIKA BERINTERAKSI DI DUNIA MAYA. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 9(2), 66-76.

Rachmayanti, S. I., & Gufron, M. (2019). Analisis Faktor Yang Menghambat Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Di Sdn 02 Serut. INSPIRASI: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1).

Syam, A. A., & Santaria, R. (2020). Moralitas dan Profesionalisme Guru sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 296-302.

Yaqin, N., & Darmayanti, A. (2022). Role Model Guru Sebagai Asas Pendidikan Karakter Siswa Di Era Society 5.0. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 9(1), 69-79.

Ya’cub, M. (2021). Pendidikan Masa Kini Untuk Generasi Penerus Perjuangan Nabi Muhammad SAW. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 10(1), 115-127.

Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis urgensi kompetensi kepribadian guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88-93.