REFORMASI SISTEM ADMINISTRASI PAJAK DAN KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK

Main Article Content

Arrofa Alifia Salma

Abstract

Pemerintah dapat meningkatkan kepatuhan pajak dengan memodernisasi sistem perpajakan. Pertanyaannya, apakah modernisasi ini benar-benar dapat membuat wajib pajak akan lebih meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk menunjukkan bagaimana memodernisasi administrasi perpajakan memiliki dampak. Perspektif dari penelitian ini untuk mengevaluasi masalah kepatuhan wajib pajak dari sudut pandang wajib pajak. Meskipun tidak terlihat dampak teknologi informasi dan fasilitas pelayanan moral atas kepatuhan wajib pajak. Artinya, meskipun sistem administrasi perpajakan memengaruhi ketaatan wajib pajak, belum dapat dipastikan bahwa teknologi informasi atau layanan yang terkait dengan kode etik dapat meningkatkan ketaatan wajib pajak.

Article Details

How to Cite
Salma, A. A. (2023). REFORMASI SISTEM ADMINISTRASI PAJAK DAN KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK. Karimah Tauhid, 2(5), 1544–1549. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9043
Section
Articles

References

Kajian Nasabah Bank BCA: Pengaruh Persepsi, Kenyamanan, Risiko, dan Atribut

Layanan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berulang Nasabah Bank Menggunakan Internet Banking. G.R. Amijaya, 2010. Skripsi dari Universitas Diponegoro Semarang.

Enda, kembali. 2010. Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta, Gambir Empati,

diterapkan sistem administrasi perpajakan kontemporer, dan diteliti dampaknya terhadap kewajiban wajib pajak dan pemungutan pajak penghasilan. Disertasi PhD, Universitas Indonesia, Depok.