ANCAMAN DAN KESEMPATAN PROFESI SEORANG AKUNTAN PUBLIK DI MASA DIGITAL

Main Article Content

Siti Solehah

Abstract

Anggapan khalayak masyarakat mengenai profesi seorang akuntan publik tidak banyak diminati pada era digital,hal ini menimbulkan banyaknya pergantian menjadi perangkat yang lebih efisien,murah,dan cepat dalam proses pencatatan transaksi keuangan.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau bagaimana ancaman serta kesempatan yang dihadapi oleh seorang akuntan publik.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur dengan menjadikan beberapa jurnal/artikel sebagai referensi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa kesempatan yang timbul yang disebabkan oleh pemanfaatan teknologi informasi oleh seorang akuntan publik.Salah satunya penggunaan teknologi seluler yang memungkinkan akuntan untuk terhubung dengan rekan yang memiliki jabatan yang sama dan konsumen yang berada di berbagai negara dengan mudah dan cepat, meningkatkan produksi dan efektivitas perusahaan, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada klien. Namun, penggunaan teknologi informasi juga menghadirkan tantangan yang harus dihadapi oleh seorang akuntan seperti munculnya perubahan paradigma bisnis yang memungkinkan seorang akuntan perlu memahami dan mengakomodasi kebutuhan akuntansi pengelolaan keuangan pada setiap perusahaan yang berbeda ini.

Article Details

How to Cite
Solehah, S. (2023). ANCAMAN DAN KESEMPATAN PROFESI SEORANG AKUNTAN PUBLIK DI MASA DIGITAL. Karimah Tauhid, 2(5), 1924–1935. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9037
Section
Articles

References

Listyowati, I. K. (2021). Tantangan, Hambatan dan peluang karir profesi Akuntan Publik di Indonesia. Jurnal Sains Sosio Humaniora , Volume 5 Nomor 2 Desember .

Putritama, A. (2019). Peluang dan Tantangan profesi Akuntan Di Era Big Data. JURNAL AKUNTANSI, VOL.7 NO.1 juni.

(Arya Thresna H.S, 2022) (Sayidah Maryam Sinosi, 2022) (Fehnny Fadila, 2020)

Arya Thresna H.S, M. M. (2022). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Akuntansi. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin , Vol.1 No.8, Juli.

Blankenbach, J. (n.d.). Voluntary Sustainability Standards and the Sustainable Development . Business 7.

Fehnny Fadila, S. (2020). Pengaruh Implementasi Big Data Analistyc dalam audit. Prosiding ASIC, 1-13.

Listyowati, I. K. (2021). Tantangan, Hambatan dan peluang karir profesi Akuntan Publik di Indonesia. Jurnal Sains Sosio Humaniora , Volume 5 Nomor 2 Desember .

Putritama, A. (2019). Peluang dan Tantangan profesi Akuntan Di Era Big Data. JURNAL AKUNTANSI, VOL.7 NO.1 juni.

Sayidah Maryam Sinosi, R. M. (2022). IMPLEMENTASI BIG DATA ANALYSTIC DALAM PRAKTIK AUDIT PADA PERUSAHAAN : LITERATURE REVIEW. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 195-203.