PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI PADA SISWA SMA/SMK

Main Article Content

Evi Tri Anjani

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penerapan manajemen waktu pada siswa 2) mengetahui kedisiplinan siswa 3) mengetahui pengaruh penerapan manajemen waktu terhadap prestasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMA/SMK. Subjek penelitian sebanyak 19 orang, dengan 52,6% perempuan dan 47,4% laki-laki. Pengumpulan data-data ini menggunakan kuesioner campuran dengan 15 butir pertanyaan. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisa untuk mengetahui berapa besar persentase siswa-siswi dalam manajemen waktu belajarnya sehingga dapat menjadikan siswa yang disiplin dan mampu mencapai hasil belajar yang maksimal. Diperoleh hasil, bahwa manajemen waktu belajar sangat berpengaruh pada tingkat kedisiplinan siswa. Namun, 52,6% dari 47,4% siswa kesulitan dalam menerapkan sistem manajemen waktu belajar. Sehingga 31,6% siswa tidak mampu dalam mengatur waktu belajarnya dengan baik. Rata-rata siswa yang mengisi kuesioner tersebut, mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sehingga dalam menerapkan manajemen waktu belajarnya perlu arahan dari guru dan peran orang tua. 31,6% siswa kurang mampu dalam mengatur waktu, dikarenakan banyaknya kegiatan yang harus mereka lakukan. Kegiatannya tidak hanya tugas sekolah saja, namun esktrakulikuler dan kegiatan sosial lainnya diluar rumah. Dengan begitu 68,4% siswa yang mampu mengatur waktu belajarnya telah membuat sebuah rancangan kegiatan yang akan mereka lakukan disetiap harinya.

Article Details

How to Cite
Tri Anjani, E. (2023). PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI PADA SISWA SMA/SMK. Karimah Tauhid, 2(5), 1447–1454. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.8946
Section
Articles

References

Ulfiyah, N. I. (2019). Pengaruh Penerapan Manajemen Waktu Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di MTsN 1 Jeneponto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Rusyan, Tabrani, 2013. Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Dinamika Pendidikan. Jakarta.

Fajhriani, D. (2020). Manajemen waktu belajar di perguruan tinggi pada masa pandemi covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Magement, 1(3).

Nyanyu Khodijah, Psikologi Pendidikan, 50

Syartissaputri, N. P., Setiyowati, E., & Siwabessy, L. (2014). Hubungan antara manajemen waktu dengan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 56 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 88-94.

Dewi, W. C. (2019). Kontribusi Manajemen Waktu, Lingkungan di Rumah, dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 300-310.

Eudya, A., Prihatin, I., & Saputro, M. (2021). Pengaruh Motivasi, Minat, Dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 50-57.

Juliasari, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, Dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Sekecamatan Danurejan Yogyakarta. Jurnal: UNION, 4(3), 405-412.

Syartissaputri, N. P., Setiyowati, E., & Siwabessy, L. (2014). Hubungan antara manajemen waktu dengan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 56 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 88-94.