STRATEGI LIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI DAN PEMENUHAN KEINGINAN

Main Article Content

Shofy Ashfiyah

Abstract

Pemasaran online pada hakekatnya adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet yang dapat diakses melalui email dan aplikasi berbasis internet lainnya. Saat ini strategi promosi pemasaran yang dilakukan juga live streaming dilakukan oleh pejual untuk menarik minat beli konsumen. Tujuan dari pembuatan artikel ini yakni untuk memastikan apakah live streaming berdampak langsung pada kepercayaan dan minat beli konsumen, serta apakah faktor keinginan untuk memenuhi gaya hidup itu bisa di antisipasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian fenomenologi. Pengumpulan data melalui wawancara dengan mewawancarai lima narasumber, dan melalui studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi promosi di pemasaran online melalui siaran langsung pada platform belanja online Shopee dan TikTokshop ini dirasa cukup memberikan pengaruh terhadap minat konsumen dalam membeli suatu barang. Penelitian ini juga memperoleh hasil mengenai keinginan konsumen terhadap barang yang lucu, menarik dan sedang digandrungi di media sosial dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang untuk mendapatkan validasi dari lingkungan sekitarnya.

Article Details

How to Cite
Ashfiyah, S. (2023). STRATEGI LIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI DAN PEMENUHAN KEINGINAN. Karimah Tauhid, 2(5), 1430–1441. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.8945
Section
Articles

References

Ananda, L. D. (2017). Dinamika Trust pada Pemasaran Online di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Indonesia, 5(1), 14-25.

Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24-29.

Irawan, C. I. (2020). Analisis E-Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247-260.

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(6), 1517-1538.

Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47-56.

Rahmi, A., & Yogia, M. A. (2015). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa. Valuta, 1(1), 149-172.

Sulistiani, R. A., & Sugiarta, N. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddes Di Media Sosial Tiktok). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan), 6(1), -.

Wandayana, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174-185.