Ruang Lingkup Ekonomi Mikro : Kualitas Interaksi Penjual dan Pembeli serta Penggunaan Bahasa dalam Interaksi

Main Article Content

Suci Nuralita

Abstract

Interaksi sosial adalah proses menjalin kontak dan komunikasi antara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi dan berjalan secara timbal balik. Hal ini juga sejalan dengan tujuan antara penjual dan pembeli di pasar, dimana penjual membutuhkan pembeli untuk membeli barangnya sedangkan pembeli membutuhkan penjual untuk memenuhi kebutuhannya. Walija mengklaim bahwa bahasa adalah sarana terbaik untuk menyampaikan pikiran, pesan, niat, emosi, dan perspektif kepada orang lain. Bahasa menjadi suatu komponen penting dalam interaksi jual beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami dampak bahasa pada interaksi antara penjual dan pembeli di pasar, serta untuk mengidentifikasi aspek tambahan yang dapat berkontribusi pada kualitas interaksi tersebut. Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif berdasarkan studi literatur untuk memperoleh datanya. Subjek penelitian ini adalah orang atau penjual pembeli di pasar, sedangkan objek penelitian ini adalah bahasa yang digunakan serta faktor yang mempengaruhi interaksi dalam kesehariannya. Menurut temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk komunikasi bahasa antara penjual dan pembeli di pasar memiliki banyak variasi kebahasaan. Kemudian ada empat faktor selain penggunaan bahasa yang dapat mempengaruhi kualitas interaksi di pasar diantaranya faktor jumlah pengunjung, faktor cuaca, faktor pembeli dan faktor kelelahan. 

Article Details

How to Cite
Nuralita, S. (2023). Ruang Lingkup Ekonomi Mikro : Kualitas Interaksi Penjual dan Pembeli serta Penggunaan Bahasa dalam Interaksi . Karimah Tauhid, 2(3), 713–722. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i3.8849
Section
Articles

References

Ernawati, Nini. Fungsi Variasi Bahasa Dalam Interaksi Jual Di Pasar Bima (Kajian Sosiolinguistik). Diss. Pascasarjana, 2018.

Agustina, Saras. "Variasi Pemakaian Bahasa Jawa Dalam Interaksi Jual Beli Di Pasar Hewan Desa Boja Kecamatan Boja Kabupaten Kendal." Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa 6.2 (2018): 22-30.

Surianti, Hatri Eva, Parida Angriani, and Karunia Puji Hastuti. "Persepsi Pengunjung Terhadap Pasar Tradisional Cemara di Kecamatan Banjarmasin Utara." JPG (Jurnal Pendidikan Geografi) 2.4 (2015).

Agustina, R. (2016, May). VARIASI BAHASA DALAM INTERAKSI SOSIAL DI PASAR SELAKAU KABUPATEN SAMBAS. In Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education) (pp. 248-258).

Widianto, E., & Rahmania, S. A. (2021). STRATEGI INTERAKSI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI KAWASAN MAKAM SUNAN KUDUS: KAJIAN ALIH DAN CAMPUR KODE RANAH PERDANGANGAN. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1).

Panggabean, A. P. (2017). Kualitas interaksi sosial antara penjual dan pembeli di Taman Pintar Book Store Yogyakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).