INOVASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nurdira Maisarah Nopiyanti

Abstract

Berdasarkan penelitan melalui kajian pustaka yang dilakukan, diperoleh hasil siswa sekolah dasar berada fase kanak-kanak akhir yang memiliki perkembangan dari segi fisik-motorik, kognisi, sosio-emosional, bahasa, dan moral keagamaan. Inilah yang menjadi sebuah alasan mengapa seorang pendidik atau calon pendidik perlu memikirkan fase pengembangan dan siswa sekolah dasar. Manfaat dari penelian ini adalah melalui pemahaman guru tentang tugas dan fase perkembangan siswa, dapat diantisipasi tentang berbagai upaya pengembangan, baik di sekolah rumah dan masyarakat, selain itu dengan mengetahui fase perkembangan siswa dapat menyesuaikan tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasai siswa dengan fase perkembangannya. Dalam setiap tahapan perkembangan terdapat hambatan perkembangan. Meskipun ada hambatan-hambatan dalam perkembangan anak masih dalam keadaan normal dan tidak mengganggu perkembangan anak.


Kata kunci: Tugas Perkembangan, siswa SD, Guru, Pengetahuan, Pendidikan

Article Details

How to Cite
Nopiyanti, N. M. (2023). INOVASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR. Karimah Tauhid, 2(1), 369–379. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7949
Section
Articles

References

Fatikah, N., & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 167–182. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989

Hanim, Z., & Wazir, A. (2020). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SMP KABUPATEN KUTAI TIMUR.

Hartawan, H. A. (2020). History: Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Harun, O., Haris, I., & Djafri, N. (2021). PENGARUH PENGALAMAN KERJA GURU, IKLIM KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PERILAKU INOVATIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE KABUPATEN POHUWATO. Jurnal Normalita, 9(3).

Hasanah, S. (2020). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID 19. INCARE: International Journal of Educational Resources, 1(3).

Juarman, & Rahmawati, N. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Meningkatkan DisiplinKinerja Guru di SDN 02 Josenan Kota Madiun. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2).

Kharismawati, D. E. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. 4(1), 19–28. https://doi.org/10.17977/um027v4i12019p019

Khusmiatus, L. (2022). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)untuk Meningkatkan Keaktifan Guru dalam Inovasi Pembelajaran di SDNegeri 1 Girimoyo Kabupaten MalangSemester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Terapan PendidikanDasar Dan Menengah, 2(2).

Kurniawan, H., & Hasanah, E. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Guru pada Masa Pandemi di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.476

Mar’atuz, A., Ahmad, Z., Sobri, Y., & Nurabadi, A. (2018). KEPEMIMPINAN PERUBAHAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Monoyasa, M. W., & Sularso, R. A. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASARDENGAN MOTIVASIDAN INOVASI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DIEKS KOTA ADMINISTRATIF JEMBER. Magister Manajemen FEB Jember.

Nurhikmah, I., Widyasari, W., & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Al-Kaaf: Jurnal Riset Kajian Kependidikan dan Ekonomi Islam, 2(2).

Roskina, S. (2020). Integrasi Kreativitas dan Inovasi pada Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Produksi ". Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 267–274. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p267

Sari, J. J. P. ;, Sihaloho, E., Sutomo, R., & Arum, S. (2021). Meningkatkan Komitmen Guru melalui Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(03), 250–264.

Setiowati, H. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madarasah Aliyah Nurul Islam Kabupaten Tanggamus. At Tarbiyah Al Multazam, 6(1).

Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. INdonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2).

Syamsul, H. (2017). PENERAPAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURUPADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). JURNAL IDAARAH, 1(2).

Widodo. (2022). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk Meningkatkan Keaktifan Guru dalam Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan |, 182(2). https://doi.org/10.28926/jpip.v2i2.384

Yuliawati. (2018). Implementasi Kompetensi Kepala SekolahDalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2).

irma nurhikmah, w. w. (2019). peran kelompok kerja guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Al-kaaf :Jurnal Riset Kajian Kependidikan dan ekonomi islam, 2.

irma nurhikmah, w. w. (2019). peran kelompok kerja guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Al-kaaf :Jurnal Riset Kajian Kependidikan dan ekonomi islam, 2.

SYA, M. F. (2016). LINGKUNGAN RAMAH ANAK DALAM PENDIDIKAN UNTUK KESEJAHTERAAN ANAK. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH , 295-300.