Inovasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Hanna Febriyanti Effendi

Abstract

Dalam dunia pendidikan pada masa pandemi Covid 19, penerapan protokol kesehatan juga memberikan pengaruh yang signifikan pada dunia pendidikan terutama dalam proses belajar mengajar yang awalnya melalui tatap muka kini dituntut melalui dalam jaringan (Daring). Pembelajaran melalui daring menemui berbagai tantangan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru pembatalan penilaian belajar berdampak terhadap psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid. Pada masa pandemi ini proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Sistem pembelajaran tersebut dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, melainkan dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan sistem pembelajaran jarak jauh, peserta didik tidak diharuskan atau diwajibkan untuk datang ke sekolah untuk melaksanakan pembelajaran. Peneliti menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan Studi kepustakaan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelaahan buku, literatur, catatan serta berbagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan.

Article Details

How to Cite
Effendi, H. F. (2023). Inovasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 2(1), 319–328. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7944
Section
Articles

References

Abidah. (2020). Merdeka belajar . Juenal pendidikan , 1-49.

Assegaf. (n.d.).

Assegaf. (2005). Politik pendidikan nasional. Jurnal pendidikan , 1-10.

D. Jamaluddin, T. R. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik covid-19 pada calon guru. Jurnal pendidikan , 1-20.

Darmawan. (2016). Sebuah aplikasi pembelajaran. Aplikasi pendidikan , 1-17.

De Porter, B. (2002). Quantum learning, membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan . Bandung.

DEPDIKNAS. (2008). Kamus besar bahasa indonesia . Jakarta.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar . Jurnal Pendidikan, 22-43.

Hamid. (2020). Social responsibility. medical journal, 29.

Hamzah. (2006). Learning era baru dalam pembelajaran. Jurnal pendidikan , 1-14.

Hasbullah, M. (2015). Kebijakan pendidikan dalam persfektif teori, aplikasi dan kondisi objektif . Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Kemendikbud. (2020). penyesuaian kebijakan pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Jurnal pendidikan , 22-24.

Humaira Asri Megan , D. H. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Ciawi, bogor universita djuanda: 2021-12-23.

Nurrahmah, S. (2021). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 1 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SDIT Alif Ciawi Bogor). ciawi bogor.

Rahmawati, S. D. (2009). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui internet . Universitas negeri malang .

Ratu, D. (2019). Pendidikan dalam amsa pandemi covid 19. Jurnal pendidikan , 41-48.

Sa'ud, U. s. (2009). Inovasi pendidikan. Bandung: 2009.

wina, S. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi . Jakarta, kencana prenada media gurp: 2006.