Inovasi Media Pembelajaran Puzzle Pada Mata Pelajaran IPA Materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di SDN Kedep 01

Main Article Content

Lisania Pebrianti

Abstract

Media Puzzle merupakan suatu gambar yang dibagi menjadi potongan-potongan gambar yang bertujuan untuk mengasah daya pikir, melatih kesabaran, dan membiasakan kemampuan berbagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan media puzzle pad ameteri macam -macam hewan berdasarkan jenis makanannya. Model penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu tindakan reflektif oleh pelaku tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I dari 24 siswa terdapat 12 siswa yang memiliki nilai dibawah 70 dengan nilai terendah 50 dan tertinggi 85 dengan rata-rata 68,46 dan siklus II dari 24 jumlah siswa hanya 2 orang siswa yang memperoleh nilai dibawah 70, skor terendah 65 dan tertinggi 100 dengan nilai rata-rata 79,75. Maka dengan hasil tersebut menujukan bahwa media puzzle dianggap berhasil dan telah tercapai KKM yang ditetapkan yaitu 70,00.

Article Details

How to Cite
Pebrianti, L. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Puzzle Pada Mata Pelajaran IPA Materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di SDN Kedep 01. Karimah Tauhid, 2(1), 347–351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7918
Section
Articles

References

Mubarok, A. (2020). Kemamapuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 81.

Anggraeni, A. A. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Sindangsari 2 Bogor (Doctoral dissertation, Universitas Djuanda Bogor).

Darmawan, L. A., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 14.

Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416-426.

Fatria, D., Hendra, H., & Daswarman, D. (2020). Pengembangan Media Permainan Puzzle Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 32 Kayu Kalek (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta)

Febyanita Icha, W. D. (2020). Pengembangan Media Puzzle Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Motivasu Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(9), 1205.

Harman, V., Yuza, A., & Sari, S. G. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 55 Air Pacah Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Menentukan Nilai Validitas Dengan Menggunakan Ru. 0–2.

Hastuti, W. (2017). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup Murid Kelas IV SDN Nomor 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).

Indrawati. (2008). Karakteristik Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Erlangga.

Iskandar, S. (2008). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud.

Manuarti N.K.S.A, P. M. (2021). Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur dan Fungsi Bagian-bagian Tumbuhan Pada Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).

Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 281-286.

Nuryanti Nia, S. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Puzzle Sipena Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri.

Oktaviani, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 3 Simbarwaringin Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Play). Al-Kaaf: Jurnal Riset Kajian Kependidikan dan Ekonomi Islam, 2(3).

Sulistyanto Hen, d. (2008). Ilmu Peng Sugiyono, S. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Manusia dengan Menggunakan Puzzle pada Siswa Kelas V SDN Bremi II Kabupaten Probolinggo. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(3), 428-433.etahuan Alam SD/MI Kelas 1. Jakarta: BSE.

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris melalui Strategi Peer Review. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 96-107.

WIdiani W, R. N. (2019). Media Pmbelajaran Puzzle Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV PAda Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review

Wicahyaningrum, J. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Prestasi Belajar Ipa Kelas III Sd Bangunjiwo. PGSD, Universitas PGRI Yogyakarta.

Harman, V., Yuza, A., & Sari, S. G. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 55 Air Pacah Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Menentukan Nilai Validitas Dengan Menggunakan Ru. 0–2.