Identifikasi Kesulitan Pelafalan Kosakata pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Mina Marlina

Abstract

Pelafalan kosakata adalah bentuk pembelajaran yang penting pada saat melakukan pengajaran Bahasa inggris dikelas. Namun demikian, masih banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam melafalkan kosakata Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, dan menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam pelafalan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman sebagai Teknik analisis data, yang meliputi komponen reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesulitan dalam pelafalan bahasa Inggris. Hal ini terjadi karena faktor internal maupun eksternal, seperti tingkat penguasaan bahasa Inggris yang berbeda, yang dipengaruhi oleh bahasa ibu, latar belakang sosial dan keluarga, serta metode pembelajaran, bahan ajar, dan media pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi siswa yang kesulitan dalam pelafalan Bahasa inggris, yaitu dapat menggunakan media belajar yang lebih mudah dan menarik yaitu dengan pemanfaatan Audio visual Aids (AVA) dan kombinasi antara ujian tertulis dan ujian kinerja dengan bentuk tes pilihan ganda dan mencocokkan gambar.

Article Details

How to Cite
Mina Marlina. (2023). Identifikasi Kesulitan Pelafalan Kosakata pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 313–318. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7810
Section
Articles

References

Anisa, & Sya, M. F. . (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 352–356. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7819

Annisa, M. N., Retno Puspita, D., Magdalena, I., & Tangerang, U. M. (2022). Analisis Kesalahan Pelafalan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Educational Review And Research, 5(1).

Aslamiah, S., Ibnu, S., Tanah, R., Kalimantan, G., & Indonesia, T. (2020). PRIMEARLY Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Dalam Perspektif Pendidikan.

Az Zahra, A. S., & Sya, M. F. . (2022). Permasalah dan Solusi Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah (SD) . KARIMAH TAUHID, 1(4), 481–488. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7815

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. . (2022). PROBLEMATIKA BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR. KARIMAH TAUHID, 1(4), 474–480. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7828

Fathin, D. U. ., & Sya, M. F. . (2022). Pandangan Guru Terhadap Siswa Yang Kesulitan Dalam Pengucapan Berbahasa Inggris Di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(4), 468–473. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7827

Febriani, R., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris . KARIMAH TAUHID, 1(4), 461–467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817

Inayah, Y., & Sya, M. F. . (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 339–345. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7822

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. www.ojs.umsida.ac.id

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Analisis Kesalahan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Pondok Makmur (Vol. 4).

Putri, D. A. ., & Sya, M. F. . (2022). Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 357–364. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7820

Ramendra, D. P., & Ratminingsih, N. M. (2007). Pemanfaatan audio visual aids (AVA) dalam proses mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).

Ratnawati, & Sulastri. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual Aids (AVA) Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di TPA Jannatul Firdaus (Vol. 2, Issue 2). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/63

Rofi’i, A., & Susilo, V. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3161

Setyowati, L., Ambarsari, Y., Nurul, D., & Muthoharoh, B. (n.d.). Pelatihan Pelafalan Kata-Kata Bahasa Inggris Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru-Guru Sakinah English Course.

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 346–351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Usman, H., Chandra, N., Utami, M., & Fajarianto, O. (2019). Model of English Teaching Materials for Elementary Schools Based on Contextual Approaches. 21(3). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp