Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Main Article Content

Azdkya nur rahma yanti

Abstract

Bahasa inggris adalah pembelajaran yang selalu ada dalam lembaga pendidikan. Namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca. Tujuab penelitian ini untuk mengetahui penyebab kesulitan membaca dan strategi apa yang digunakan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan studi literature. Dan teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data dengan mencari sumber dari beberapa studi kasus. Hasil dari penelitian ini  penyebab kesulitan pembelajaran yaitu kesulitan mengenali huruf, mengganti huruf, kesulitan membaca tiap kata, kesulitan membedakan vokal dan konsonan, kesulitan menghubungkan huruf dan suku kata menjadi kata, tanda baca masih  belum diperhatikan. Dan strategi yang di guanakan guru yaitu dengan memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan contohnya melalui multimedia.

Article Details

How to Cite
rahma yanti, A. nur. (2023). Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 2(1), 308–312. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7807
Section
Articles

References

Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2019). Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 181. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086

Anisa, & Sya, M. F. . (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 352–356. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7819

Az Zahra, A. S., & Sya, M. F. . (2022). Permasalah dan Solusi Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah (SD) . KARIMAH TAUHID, 1(4), 481–488. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7815

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. . (2022). PROBLEMATIKA BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR. KARIMAH TAUHID, 1(4), 474–480. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7828

Faizah, N., & Gumiandri, S. (2021). Efektivitas Media Audio dan Visual Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Tingkat SD (Studi Kasus Pada TPQ Al-Huda). Jurnal Eduscience, 6(2), 58.

farida rafim. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar / Dr. Farida Rahim, M.Ed. jakarta: bumi aksara.

Fathin, D. U. ., & Sya, M. F. . (2022). Pandangan Guru Terhadap Siswa Yang Kesulitan Dalam Pengucapan Berbahasa Inggris Di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(4), 468–473. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7827

Febriani, R., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris . KARIMAH TAUHID, 1(4), 461–467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817

Handayani, D. P. P., Ervina, L., & Aristya, F. (2020). Analisis Penyebab Dan Strategi Guru Kelas Mengatasi Kesulitan Membaca Pemulaan Siswa Kelas Ii Sd Negeri Kendal. 1–5. http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/267

Inayah, Y., & Sya, M. F. . (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 339–345. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7822

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.

Maesaroh, S., & & Malkiah, N. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Sisfotek Global, 5(1), 81–86. https://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/71/73

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Jurnal cakrawala pendas. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.

Putri, D. A. ., & Sya, M. F. . (2022). Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 357–364. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7820

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 346–351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Westwood, P. (2001). Kesulitan Membaca dan Belajar. David Fulton.

Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan. Kesulitan Membaca Permulaan, 122.