Kendala Pembelajaran Bahasa Inggris Pasca Pandemi di Sekolah dasar

Main Article Content

Hasna Dwi Rahmawati

Abstract

Bahasa sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, saat belajar bahasa Inggris, fokusnya bukan lagi pada penyerapan informasi, tetapi pada pengembangan keterampilan dan penanganan informasi. Namun pandemi Covid 19 menjadi salah satu kendala dalam mengembangkan keterampilan berbahasa. Belajar bahasa Inggris sendiri tidak terlalu jauh dari tujuannya, hanya saja lebih tepat diartikan sebagai manfaat. Penguasaan bahasa Inggris memungkinkan seseorang untuk terus berkomunikasi, dalam hal ini sudut pandangnya terhadap teknologi informasi itu sendiri lebih terbuka, dan dengan hal tersebut tentunya TI sudah memiliki nilai yang besar untuk memasuki dunia yang perkembangan teknologinya sangat pesat cepat dan selalu progresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kendala belajar bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data perpustakaan yang meliputi koleksi buku, literatur, catatan dan masalah yang akan dipecahkan. Pengucapan memainkan peran yang sangat penting dalam pembentukan kata karena memisahkan bunyi yang terlibat dalam pembentukan kata. Selama pandemi COVID-19, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris online tidak berjalan dengan baik karena kurangnya internet sering menyebabkan gangguan jaringan dan terbatasnya kesempatan belajar berupa handphone yang tidak dimiliki siswa. Mahasiswa perlu mengikuti perkembangan, salah satunya adalah penguasaan keterampilan bahasa Inggris dan teknologi.

Article Details

How to Cite
Dwi Rahmawati, H. (2023). Kendala Pembelajaran Bahasa Inggris Pasca Pandemi di Sekolah dasar. arimah auhid, 2(1), 281–287. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7801
Section
Articles

References

Anisa, & Sya, M. F. . (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 352–356. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7819

Arnesi, N., & Abdul Hamid, dan K. (2015). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE-OFFLINE DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan (Vol. 2, Issue 1).

Az Zahra, A. S., & Sya, M. F. . (2022). Permasalah dan Solusi Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah (SD) . KARIMAH TAUHID, 1(4), 481–488. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7815

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. . (2022). PROBLEMATIKA BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR. KARIMAH TAUHID, 1(4), 474–480. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7828

darsiana. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE DEMONTRASI SISWA KELAS III SD NEGERI 157 PEKANBARU Darsiana.

Fathin, D. U. ., & Sya, M. F. . (2022). Pandangan Guru Terhadap Siswa Yang Kesulitan Dalam Pengucapan Berbahasa Inggris Di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(4), 468–473. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7827

Febriani, R., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris . KARIMAH TAUHID, 1(4), 461–467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817

Fikri, M., Zaki Ananda, M., Faizah, N., Rahmani, R., & Adelia Elian, S. (2021). KENDALA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19: SEBUAH KAJIAN KRITIS. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.00

Gusti, I., Agung, A., & Susanthi, D. (2021). KENDALA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS DAN CARA MENGATASINYA. Linguistic Community Service Journal │, 1(2), 2021. https://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2658

Hasrul, M. (2020). ASPEK HUKUM PEMBERLAKUAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DALAM RANGKA PENANGANAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). Legislatif.

Inayah, Y., & Sya, M. F. . (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 339–345. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7822

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. www.ojs.umsida.ac.id

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE SERIES IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY.

Putri, D. A. ., & Sya, M. F. . (2022). Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 357–364. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7820

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 346–351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818

susanti, R. (2002). Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Penabur.

sya, M. (2015). Keterampilan menulis esai naratif Bahasa Inggris melalui strategi peer review. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v2i2.307

Wahab, I. (2022). Penerbit : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau KENDALA GURU BAHASA INGGRIS SMP/MTs DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MANOKWARI PAPUA BARAT. Jurnal Prespektif Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.31540/jpp.v16i2.1906