Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda

Main Article Content

Sarah Azhara
Muhamad Fatkhul Hidayat
Nadila Putri Paradiba
Dwi Ayu Angraeni
Hapsari Syarifa
Alisa Adelia
Bagoes Arya Zyawahir Soeharto
Mufidatul Oktiani
Tazkiya Nafsya Putri Permata

Abstract

Mixue merupakan gerai minuman berasal dari tiongkok, yang menyajikan berbagai menu minuman dan juga ice cream. Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, membuat berbagai bidang usaha turut mempromosikan produknya melalui media sosial contohnya Tiktok dengan berbagai macam konten. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui seberapa berpengaruh konten Tiktok terhadap pembelian produk Mixue. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu, metode penelitian Kuantitatif deskriptif, dilakukan dengan penyebaran angket yang ditujukan untuk mahasiswa Universitas Djuanda Bogor. Angket yang diseberakan berisi beberapa butir pertanyaan guna menunjang ketepatan data. Hasil data yang diperoleh, diolah, dan dijabarkan secara deskriptif dilengkapi dengan hasil pengolahan data secara matematik. Penelitian ini berhasil menampilkan faktor apa aja yang menjadikan konten Tiktok sangat berpengaruh terhadap pembelian produk Mixue, adapun salah satu faktor yang mempengaruhi karena mascot yang lucu serta sound yang unik cukup membuat para penikmat konten tiktok khususnya mahasiswa Universitas Djuanda bogor merasa penasaran dan tertarik untuk membeli produk tersebut karena mascot dan soundnya yang unik.


 


Kata kunci: Konten, Mixue, Pengaruh, Produk, Tiktok

Article Details

How to Cite
Sarah Azhara, Muhamad Fatkhul Hidayat, Nadila Putri Paradiba, Dwi Ayu Angraeni, Hapsari Syarifa, Alisa Adelia, Bagoes Arya Zyawahir Soeharto, Mufidatul Oktiani, & Tazkiya Nafsya Putri Permata. (2023). Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 2(1), 238–248. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7730
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI . Jakarta: Rineka Cipta.

Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial dan Motivasi Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Penggunaan Gopay di Kota Bekasi). Konverensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2, 1323-1337.

Barus, N., Pangaribuan, M., & Purnami, S. (2021). Pengaruh Promosi Menggunkan Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow Pada Mahasiswa di Kota Medan. Konferensi Nasional Sosial dan Engineering Politik Negeri Medan, 616-626.

Engel, J. F. (1994). Perilaku Konsumen . Jakarta: Bina Aksara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro., 8.

Kasih, A., Dewi, N., Budiyati, K., Damayanti, A., & Khasanah, V. (2023). Pengaruh Kemasan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Mixue. Seminar Nasional STIE Widya Wiwaha, 6.

Kompas.com. (2023, Januari 21). KLARIFIKASI Misinformasi Halal Atau Tidaknya Es Krim Mixue. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/05/161600682/-klarifikasi-misinformasi-halal-atau-tidaknya-es-krim-mixue?page=all#:~:text=Isu%20mengenai%20halal%20atau%20tidaknya,Mixue%20belum%20memiliki%20sertifikat%20halal.

Marbun, M., Sitohang, H., & Nababan, M. (2018). Perancarangan Sistem Peramalan Jumlah Wisatawan Asing. Jurnal Mantik Penusa, 2(1), 41-49.

Marpaung, B., & Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, 30-38.

Nuranisa. (2023, Januari 21). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Terhadap Promosi Kesehatan di Lingkup Fakultas Kesehatan Masyarakat Muhamadiyah Palu. Retrieved from Academia.Edu: Https://Www.Academia.Edu/4234855

Prihantoro, E., & Ohorella, N. (2020). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Sesuai Panduan WHO Terhadap Kesadaran Hidup Sehat Mahasiswa. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2).

Sasmita, C., & Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Promosi Sosial Media (Digital Marketing)Terhadap Minat Beli Chattime Wilayah Bandung-Bali. Prosiding Sinteso, 317-318.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, R., & Sari, R. (2019). Pengaruh Promsi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41-45.

Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susilorini, T., & Sawitri, M. (2007). Produk Olahan Susu. Depok : Penebar Swadaya.

Zikmud, W. G. (1997). Business Research Methods. Orlando: Dryden Press.

Most read articles by the same author(s)