Komunikasi Pola Komunikasi Internal Organisasi SMK Amaliah 1 Ciawi Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Peserta Didik Pola Komunikasi Internal Organisasi dalam Meningkatkan Pelayanan

Main Article Content

Selvia Safitri
Deviyanti Nuraini
Dian Wijaya
Deri Hermawan

Abstract

Komunikasi mampu memberikan peningkatan pelayanan melalui komunikasi internal di organisasi sekolah. Komunikasi berperan penting dalam meningkatkan kepuasan layanan peserta didik. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya yaitu faktor kemampuan komunikasi dari petugas pelayanan. Komunikasi internal yang baik tentunya akan memberikan pelayanan yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola, aliran dan proses komunikasi yang terjadi di SMK Amaliah 1  Ciawi. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengolahan data ini melalui empat proses yaitu proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Data diambil dari data primer berupa data hasil wawancara dan observasi. Analisa data dilakukan dengan membuat kutipan yang sesuai dengan pembahasan dan dilanjutkan dengan analisa melalui teori yang digunakan. Analisa observasi dideskripsikan melalui narasi eksplorasi. Di lanjutkan dengan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi internal organisasi memegang peranan yang penting dalam mensukseskan kegiatan untuk mencapai target yang di inginkan. Komunikasi yang terjadi di dalam organisasi memiliki fungsi untuk menyatukan, memfokuskan, dan mengantarkan sehingga memberikan pelayanan yang baik. Komunikasi yang terjadi mampu meningkatkan pelayanan kepada peserta didik dengan baik dan memberikan rasa puas untuk peserta didik. Hal ini perlu menjadi catatan bahwa komunikasi menjadi hal yang penting diperhatikan untuk memberikan pelayanan. Komunikasi yang terjadi memiliki banyak pola seperti komunikasi satu arah, dua arah dan multi arah, selain itu aliran komunikasi yang terjadi yakni komunikasi kebawah dimana komunikasi ini terjadi penyampaian pesan dari atas kebawah, komunikasi keatas yaitu proses penyampaian pesan dari bawahan keatasan dan juga komunikasi horizontal yang dimana komunikasi ini terjadi antara karyawan satu dengan karyawan lainnya untuk berkoordinasi satu sama lain. Komunikasi dilakukan baik secara langsung tatap muka dan secara daring menggunakan media WhatsApp dengan ponsel pribadi. Komunikasi yang hendaknya dibangun didasarkan pada koordinasi terlebih dahulu serta melibatkan pimpinan secara langsung.

Article Details

How to Cite
Safitri, S., Nuraini, D., Wijaya, D., & Hermawan, D. (2023). Komunikasi Pola Komunikasi Internal Organisasi SMK Amaliah 1 Ciawi Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Peserta Didik: Pola Komunikasi Internal Organisasi dalam Meningkatkan Pelayanan. Karimah Tauhid, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7537
Section
Articles

References

Agustini, N. A., & Purnaningsih, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Internal dalam Membangun Budaya Organisasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 1.

Ahmad. (2021). Gramedia. Retrieved from gramedia.com: https://www.gramedia.com/literasi/komunikasi-organisasi/

Anggraini, V. (2022). Arti Delegasi: Pengertian, Unsur, Tujuan, Jenis dan Contoh. Retrieved from dosenpintar.com: https://dosenpintar.com/arti-delegasi-pengertian-unsur-tujuan-jenis-dan-contoh/

Arif, M. Y. (2016). POLA KOMUNIKASI ORGANISASI APMA (ASOSIASI PENGUSAHA MANIK-MANIK DAN AKSESORIS) JOMBANG DALAM MENJAGA SOLIDARITAS (Studi pada anggota organisasi APMA Jombang). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Barata, A. A. (2015). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Effendy, O. U. (2009). ILMU KOMUNIKASI Teori dan Praktek. (T. Sujarman, Ed.) Bandung, Jawa Barat: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Iskandar. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada (GP Press).

Jaelani, R. (2014). HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI ORGANISASI DENGAN KUALITAS PELAYANAN DI PT. PLN AREA SURAKARTA. SURAKARTA: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Lutfie, M. (2021). FILSAFAT KOMUNIKASI. BEKASI: LEMBAGA PERS BEKASI.

Mulawarman, K., & Rosilawati, Y. (2014). KOMUNIKASI ORGANISASI PADA DINAS PERIJINAN KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN. jurnal ilmiah komunikasi, 1.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Pangendaheng, S. A. (2018). PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK MAYAPADA CABANG RUKO MAPAN INDAH. AGORA, 1.

Trihastuti, A. E. (2019). Komunikasi Internal Organisasi. Sleman: Deepublisher.

Wenxiu, P. (2015). Analysis of New Media Communication Based on Lasswell’s “5W” Model. Journal of Educational and Social Research, 1.

Yudhistiro, A. P. (2007). Pola Komunikasi Organisasi Di PT. Asuransi Jiwasraya Semarang Barat Branch Office. Semarang: Universitas Negeri Semarang.