Perencanaan Desain Visual Kemasan Produk Pangan dengan Pendekatan Kansei Engineering
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15593Keywords:
kansei engineering, produk panganAbstract
Kemasan memiliki peran penting dalam menarik perhatian konsumen, karena mereka cenderung langsung memperhatikan kesan yang ditampilkan oleh kemasan. Oleh karena itu, desain kemasan harus mampu memikat konsumen agar menghasilkan respon positif dan mendorong keinginan untuk membeli (Sudjana, 2020). Dalam mempertahankan daya saing perusahaan dapat memberikan kemasan terbaik untuk menarik minat konsumen, suatu produk harus mampu memikat perhatian mereka, sehingga dapat memenangkan persaingan yang ketat (Apriyanti, 2018). Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kansei engineering sebagai upaya redesain kemasan produk pangan. Penelitian ini berupa studi literatur artikel yang merupakan review dari beberapa jurnal nasional mengenai penelitian yang berhubungan dengan redesain kemasan pada produk pangan dengan pendekatan kansei engineering. Berdasarkan hasil literatur review masing-masing dari produk pangan memiliki konsep desain yang berbeda. Setiap kemasan memiliki elemen desain yang berbeda sesuai dengan jenis produk yang digunakan. Desain akhir dari pengembangan desain visual produk berdasarkan pada aturan analisis data yang digunakan atas dasar persepsi konsumen pada masing-masing produk pangan.
References
Andriansyah, M. A., Rahendra, D. A., Adam, A. I. F., & Jakaria, R. B. (2024). Perancangan produk kemasan bakmie goreng menggunakan metode kansei engineering. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 2(9), 325–331.
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20–27. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223
Delfitriani, D., Uzwatania, F., Maulana, I., & Ariyanto, D. (2023). Pengembangan konsep desain kemasan produk lealoe dengan pendekatan kansei engineering. Jurnal Agroindustri Halal, 9(2), 229–237. https://doi.org/10.30997/jah.v9i2.7465
Ghiffari, M. A. (2019). Analisis Dan Desain Visual Kemasan Cokelat Bar Berbasis Kansei Engineering [Thesis]. Sekolah Pascasarjana. Institut Teknologi Pertanian.
Hidayat, A. H., & Ushada, M. (2022). Integrasi metode kansei engineering dan analytic hierarchy process (AHP) dalam rangka pembuatan desain dan pemilihan kemasan kue lanting kebumen. Jurnal Inovasi Teknik Industri, 1(1), 37. https://doi.org/10.26753/jitin.v1i1.797
Klimchuck, M. R., & Krasovec, S. A. (2006). Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.
Nagamachi, M., & Lokman, A. (2011). Innovation of Kansei Engineering. Taylor and Francis Group: CRC Press.
[UU] Pemerintah Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan. Indonesia.
Simamora, B. (2005). Analisis Multifariant Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sudjana. (2020). Desain kemasan produk (Analisis erbandingan : efektivitas perlindungan desain industri atau merek). Ecodemica, 4(1), 117–126.
Yasin, M. A., Hakim, A., & Perdana, M. F. (2024). Penerapan kansei engineering dalam desain ulang kemasan kue tambang di UMKM Sumber Jaya. Jurnal Teknologi Terapan, 8(3), 1705–1719. https://doi.org/10.33379/gtech.v8i3.4550
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nia Campakasari, Delfitriani, Aditia Ginantaka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.