Perhitungan Harga Pokok Produksi Menu Food and Beverage pada PT.XYZ
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15034Keywords:
Full costing, variabel costing, cost plus pricing, harga pokok produksiAbstract
Laporan ini membahas mengenai perhitungan harga pokok produksi menu food and beverage pada PT. XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai proses perhitungan biaya produksi yang tepat, untuk mencapai tujuan manajemen harus terfokus dalam keuangan instansi terutama proses produksi. Metode full costing, dalam menggabungkan semua beban produksi dalam perhitungan harga pokok produk. Hasil penelitian yang dibahas mengenai harga pokok produksi dengan metode full costing sebagai pendekatan dalam perhitungan produksi dan untuk perhitungan penjualan produk menggunakan metode cost plus pricing memberikan gambaran yang lebih akurat tentang pengeluaran proses produksi, yang pada akhirnya membantu perusahaan dalam menentukan harga penjualan yang kompetitif. Dengan demikian, perusahaan dapat mencapai laba optimal dan meningkatkan efisiensi operasional. Dalam penelitian ini agar bisa menjadi pengetahuan bagi industri maupun mahasiswa menjadi bahan dasar mengatur keuangan industri restoran dalam melakukan perhitungan biaya produksi yang lebih efektif.
References
Bastian, B., & Nurlela. (2013). Akuntansi Biaya (4th ed.). Mitra Wacana Media.
Manajemen - John Suprihanto - Google Buku. (n.d.). Retrieved August 3, 2024, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5cdVDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Untuk+mencapai+tujuannya,+sebuah+bisnis+pasti+membutuhkan+sebuah+rencana+(planning).+Kegiatan+ini+sangat+penting+agar+keberadaan+suatu+bisnis+dapat+berfungsi+sebagaimana+mestinya.
Meroekh, H. M. A., Rozari, P. E. De, & Foenay, C. C. (2018). Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing (studi kasus padanpabrik tahu pink jaya oebufu di kupang). Journal Of Management, 7(2), 181–205.
Nanda Rahmi. (2017). Kajian Ekonomi Pariwisata Syariah Kota Banda Aceh. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 577–589.
Narandini, S. (2022). Analisis Perhitungan Harga Jual Produk Di Cafe. Analisis Perhitungan Harga Jual Produk Pada Cafe La Plage, 2.
Rahmadani, R., Setiawan, A. B., & Didi, D. (2024). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Sektor Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2023. Innovative: Journal Of Social …, 4, 10368–10379. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/10529%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/10529/7972
UNWTO, & WTTC. (2023). UNWTO World Tourism Barometer and Statistical Annex, May 2023. In UNWTO World Tourism Barometer (Vol. 21, Issue 2, pp. 1–36). https://doi.org/10.18111/wtobarometereng.2023.21.1.2
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggi Suryadi, Didi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.