Perancangan Business Process Model and Notation (BPMN) Sistem Layanan Informasi Angkot Berbasis Aplikasi di Kota Bogor

Authors

  • Midhati Nur Shabrina Universitas Djuanda
  • Aditia Ginantaka Universitas Djuanda
  • Deni Hendarto Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15017

Keywords:

Desain Layanan Informasi, Sistem informasi angkot, Sistem berfikir

Abstract

Angkutan kota merupakan moda transportasi utama di Kota Bogor. Ada 3100unit armada yang layak digunakan untuk memobilisasi masyarakat namun pelayanannya belum memuaskan. Sehingga diperlukan adanya layanan informasi terbuka yang mudah di akses secara real time. Kondisi tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian terkait desain sistem layanan informasi angutan kota berbasis aplikasi mobile phone. Implementasi berpikir sistem dan pemodelan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sistem kompleks dalam sistem pencarian transportasi angkutan kota. Layanan informasi yang disajikan berupa data profil pemilik angkot, pengemudi, profil kendaraan, tarif, nomor angkot hingga rute yang dilalui angkot. Para pengguna layanan dapat mengakses data tersebut dengan melakukan login pada aplikasi. Tujuan dari studi ini adalah mengoptimalkan sistem layanan angkutan kota di Bogor menggunakan Business Process Model dan Notasi guna menghasilkan peta proses kerja bisnis yang rinci sehingga memudahkan pemangku kepentingan dalam bekerja.

References

Ald. (2023). Akses layanan transportasi di digitalisasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/akses-layanan-transportasi-jadi-target-digitalisasi-pelayanan-selanjutnya

Bragi, T. C. (2023). Penerapan design thinking pada evaluasi dan perbaikan desain antarmuka aplikasi GOBIS. Universitas Dinamika.

Haerudin, C. C., & Devianto, Y. (2023). Pemodelan Proses Bisnis Reengineering Menggunakan Business Process Modeling Notation (Studi Kasus PT. Agusta Dryer). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 10(3), 270–280.

Hartono, R., Arthaya, B. M., & Alfian. (2016). Usulan perbaikan sistem angkutan kota bogor untuk mengurangi kemacetan. Simposium Nasional RAPI XV– 2016 FT UMS, 118–125.

Hidayati, Y. F., Kartika, L., & Widyastuti, H. (2018). Analisis Dampak Penerapan Sistem Satu Terhadap Kompensasi Finansial Supir Angkutan Kota Di Kota Bogor. Journal of Applied Business and Economic, 5(2), 163–176.

Homaidi, A., Lidimilah, L. F., Yunita, I., Saleh, T., Prasetyo, J. D., & Fatah, Z. (2022). Implementasi Business Process Modelling Notation Untuk Pemodelan Proses Bisnis LP2M Perguruan Tinggi XYZ. Jurnal SimanteC, 11(1), 41–52.

Huse, V. D. (2017). Analisis kesuksesan aplikasi gojek dari perspektif pengguna masyarakat surabaya menggunakan information system success model ( ISSM ). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Iman, M. N., Sitorus, S. R. ., Poerwo, I. . P., & Widiatmaka. (2019). Jurnal Penelitian Transportasi Darat. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 21(1), 75–90. https://doi.org/10.25104/jptd.v21i1.1198 1410-8593

Latif, F., Kaharu, A., & Tuloli, M. Y. (2021). Perencanaan Jaringan Trayek Angkutan Umum Perkotaan Dan Perdesaan Kabupaten Boalemo (Studi Kasus Di Zona Bagian Barat). Composte Journal, 1(2), 66–72.

Muawal, R. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan angkutan umum di kota makassar (studi kasus pete-pete). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mulyani, M. (2021). Evaluasi user interface dan perancangan ulang aplikasi mrt-j berdasarkan aspek usability. Universitas Katolik Parahyangan.

Murtejo, T., & Alimuddin. (2020). Kajian rerouting trayek angkutan umum perkotaan : studi kasus di kota bogor. 114–128.

Mutiaulfah. (2017). Peran Sarana Angkutan Umum Dalam Aktivitas Ekonomi Dan Sosial Masyarakat Di Kota Pekanbaru. Menara Ilmu, XI(74), 132–143.

Palmers, A. O., Silitonga, S. P., & Desriantomy. (2021). Pemilihan Moda Transportasi Masa Depan Yang Ramah Lingkungan Di Kota Palangka Raya. Jurnal Teknika, 5(1), 24–32.

Pane, A. F. F. (2023). Evaluasi user interface pada aplikasi ancol untuk meningkatkan user experience menggunakan usability evaluation methods. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Priambudi, B. N., Ariani, N. M., Wijaya, M. I. H., & Pradana, B. (2021). Eksplorasi Pentingnya Penggunaan Data Science Dalam Perencanaan Pemodelan Transportasi Perkotaan. SPECTA Journal of Technology, 5(3), 196–207.

Prianika, G. G. P., & Bertuah, E. (2023). The Effect of Rating , Online Consumer Review and Sales Promotion on Purchase Intention on the Gofood Application. Formosa Journal of Sustainable Research (FJSR), 2(3), 565–590. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i3.3477

Pujiastuti, N. A., Firdausiyah, N., & Yudono, A. (2021). Pengembangan Kawasan Terminal Baranangsiang Menuju Implementasi Transit Oriented Development ( TOD ). Planning for Urban Region and Environment, 10(3), 107–118.

Puspitasari, E., Meydiyana, A. A., & Maryunani, W. P. (2022). Analisis Karakteristik Perilaku Perjalanan Angkutan Umum Jenis Paratransit di Kota Magelang. Reviews In Civil Engineering, 6(2), 61–66.

Rudor, C., & A, M. F. (2012). Kebijakan Perencanaan Angkutan Massal Di Kota Bogor. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, 1(2), 159–166.

Saputra, A. W. (2020). Analisis permasalahan pada aplikasi smartphone kai access berdasarkan end-user review menggunakan metode text-mining dan fishbone diagram. Universitas Islam Indonesia.

Sholihin, M. (2023). unit angkot bogor 2023. detik. https://news.detik.com/berita/d-6857244/jalan-utama-bogor-bebas-angkot-mulai-desember-1-358-angkot-terdampak

Sholihin, M. (2024). 5 Unit Angkot Listrik Mulai Diuji Coba di Kota Bogor, Tarif Rp 5.000. detik. https://news.detik.com/berita/d-7278450/5-unit-angkot-listrik-mulai-diuji-coba-di-kota-bogor-tarif-rp-5-000

Sugiyanto, Armaya, I. W., Ryanto, S. S., & Surya, A. A. B. O. K. (2021). Analisa Faktor Pemilihan Moda Transportasi Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, 2(1), 11–18.

Syaiful, Pratikso, Mudjanarko, S. W., & Lestari, P. A. (2024). Memodelkan Pelayanan Angkutan Umum Di Kota Bogor. Jurnal teknik dan teknologi terapan, 2(1), 1–6.

Wahab, W., & Roza, A. (2020). Pemodelan Pemilihan Moda Transportasi Darat Antara Angkutan Kota dan Gojek di Kota Bukittinggi dengan Teknik Stated Preference. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil Available, 17(1), 63–74.

Wahyuni, A. T., & Rachmawati, R. (2019). Moda Transportasi Angkutan Kota Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 06(02), 147–162. https://doi.org/doi.org/10.25292/j.mtl.v6i2.311 Moda

Warto, E. (2023). Kinerja pelayanan angkutan kota dengan adanya pelayanan angkutan ojek online (ojol) di kota bogor tesis. Universitas Pakuan.

Warto, E., Deni, R., & Mansyur, U. (2022). Perilaku Pelayanan Angkutan Kota Sebagai Dampak Adanya Pelayanan Angkutan Ojek Online (Ojol) Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(10), 17010–17022.

Wulandari, E. A., & Fanida, E. H. (2023). Kualitas Layanan Aplikasi Kai Access Oleh Pt Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Pelanggan Kereta Api Lokal Penataran Dhoho Di Stasiun Blitar DAOP VII). Publika, 11(3), 2137–2150.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Nur Shabrina, M., Aditia Ginantaka, & Deni Hendarto. (2024). Perancangan Business Process Model and Notation (BPMN) Sistem Layanan Informasi Angkot Berbasis Aplikasi di Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(8), 9294–9317. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15017
Abstract viewed = 0 times