Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase B Dimensi Gotong Royong pada Pembelajaran IPAS di SDN Batutulis 1 Bogor

Authors

  • Ika Wijayanti Universitas Djuanda
  • Daningsih Kurniasari Universitas Djuanda
  • Rosnawati Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14877

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Gotong Royong, Pembelajaran IPAS

Abstract

Dengan kurikulum Merdeka diharapkan peserta siswa hanya memperoleh kemampuan akademik, tetapi juga membangun karakter yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila atau Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana Profil Pelajar Pancasila fase B dimensi gotong royong diterapkan dalam pembelajaran IPAS di SDN Batutulis 1 Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif berjenis studi kasus. Penelitian ini melibatkan siswa dan guru kelas IV di SDN Batutulis 1 Bogor. Metode pengumpulan data menggunakan awancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat tahap oleh Miles dan Huberman yaitu terdiri dari: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila fase B dimensi gotong royong pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Batutulis 1 Bogor di lakukan melalui 3 tahapan yaitu : 1) petrencanaan, 2) pelaksanaan, 3) evaluasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi gotong royong telah diterapkan dengan baik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Batutulis 1 Bogor.

References

Anggraeni, N. D. S., Lasimaniati, L., & Widiyatmoko, A. (2024, May). Peningkatan Hasil Belajar dan Bergotong Royong Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 30 Semarang melalui Model Jigsaw. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 1145-1153).

Fanny, A. M., Susiloningsih, S., & Irianto, A. (2022). Studi kreatifitas gotong royong: model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mengembangkan karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS. Journal of Creative Attitudes Culture, 3(2), 79-84.

JULAWATI, L. (2019). Pelaksanaan program ajengan masuk sekolah oleh dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(4), 89-102

Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886-893.

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Mooduto, M. N., & Otaya, L. G. (2023). Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 100-110.

Muntamah, M., Roshayanti, F., & Hayat, M. S. (2023). Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 77-83.

Nadlir, N. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 339-352.

Nikmah, N., & Fitriani, Y. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal on Teacher Education, 5(2), 513-520.

Ristek, K. (2021). Profil pelajar pancasila. kementerian pendidikan dan kebudayaan, 1–108. Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan

motivasi belajar peserta didik?. Journal On Education, 6(1), 6261-6269.

Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954-960.

Sholikin, S., & Prasetyo, A. (2023). Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Profil Pelajar Pancasila pada Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1941-1950.

Suhana, A., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5289-5295.

Umaira, A. V., Prinanda, D., Helmi, D. S., Naibaho, S. S., Wahyuli, W., Setiawati, M., & Utama, H. B. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pendidikan Karaker Gotong Royong Di Sdn 32 Bungo Pasang Padang. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(5).

Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif learning. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 3).

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Wijayanti, I., Kurniasari, D. ., & Rosnawati. (2024). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase B Dimensi Gotong Royong pada Pembelajaran IPAS di SDN Batutulis 1 Bogor. Karimah Tauhid, 3(8), 8521–8531. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14877
Abstract viewed = 5 times