Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase B Dimensi Gotong Royong pada Pembelajaran IPAS di SDN Batutulis 1 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14877Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Gotong Royong, Pembelajaran IPASAbstract
Dengan kurikulum Merdeka diharapkan peserta siswa hanya memperoleh kemampuan akademik, tetapi juga membangun karakter yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila atau Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana Profil Pelajar Pancasila fase B dimensi gotong royong diterapkan dalam pembelajaran IPAS di SDN Batutulis 1 Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif berjenis studi kasus. Penelitian ini melibatkan siswa dan guru kelas IV di SDN Batutulis 1 Bogor. Metode pengumpulan data menggunakan awancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat tahap oleh Miles dan Huberman yaitu terdiri dari: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila fase B dimensi gotong royong pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Batutulis 1 Bogor di lakukan melalui 3 tahapan yaitu : 1) petrencanaan, 2) pelaksanaan, 3) evaluasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi gotong royong telah diterapkan dengan baik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Batutulis 1 Bogor.
References
Anggraeni, N. D. S., Lasimaniati, L., & Widiyatmoko, A. (2024, May). Peningkatan Hasil Belajar dan Bergotong Royong Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 30 Semarang melalui Model Jigsaw. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 1145-1153).
Fanny, A. M., Susiloningsih, S., & Irianto, A. (2022). Studi kreatifitas gotong royong: model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mengembangkan karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS. Journal of Creative Attitudes Culture, 3(2), 79-84.
JULAWATI, L. (2019). Pelaksanaan program ajengan masuk sekolah oleh dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(4), 89-102
Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886-893.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Mooduto, M. N., & Otaya, L. G. (2023). Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 100-110.
Muntamah, M., Roshayanti, F., & Hayat, M. S. (2023). Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 77-83.
Nadlir, N. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 339-352.
Nikmah, N., & Fitriani, Y. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal on Teacher Education, 5(2), 513-520.
Ristek, K. (2021). Profil pelajar pancasila. kementerian pendidikan dan kebudayaan, 1–108. Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik?. Journal On Education, 6(1), 6261-6269.
Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954-960.
Sholikin, S., & Prasetyo, A. (2023). Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Profil Pelajar Pancasila pada Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1941-1950.
Suhana, A., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5289-5295.
Umaira, A. V., Prinanda, D., Helmi, D. S., Naibaho, S. S., Wahyuli, W., Setiawati, M., & Utama, H. B. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pendidikan Karaker Gotong Royong Di Sdn 32 Bungo Pasang Padang. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(5).
Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif learning. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ika Wijayanti, Daningsih Kurniasari, Rosnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.