Analisis Pengaplikasian Literasi dan Numerasi di Sekolah

Authors

  • Fikriawan Titi saryiti Universitas Djuanda
  • Reffi Universitas Djuanda
  • aditya Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14538

Keywords:

Literasi, Numerasi, Kompetensi Guru, Pengajaran Inovatif

Abstract

Peneliti menulis artikel ini dengan tujuan menganalisa dan memahami pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar literasi dan numerasi di sekolah, dengan menyoroti berbagai faktor yang
mempengaruhi efektivitasnya, penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang
mengkaji berbagai sumber akademik, laporan penelitian, dan dokumen kebijakan terkait
litnum kurikulum merdeka. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan
pembelajaran yang dipengaruhi oleh kurikulum yang baik, metode pengajaran yang
interaktif dan menyenangkan, kompetensi guru, ketersediaan sumber daya pendidikan, serta
dukungan dari orang tua dan lingkungan keluarga. Kurikulum yang disusun dengan baik
memberikan kerangka kerja yang jelas bagi guru di sekolah, sementara metode pengajaran
yang inovatif meningkatkan minat dan motivasi siswa. Kompetensi guru yang
memadai dan pelatihan professional berkelanjutan sangat penting dalam pengimplementasi
pembelajaran yang efektif. Selain itu, ketersediaan buku teks, alat peraga, dan teknologi
informasi mendukung pemahaman siswa terhadap konsep literasi dan numerasi. Dukungan
keluarga dan lingkungan sekitar yang supportif juga memainkan peran krusial dalam
meningkatkan kemampuan berdedikasi siswa. Dengan pendekatan yang holistik dan
kolaboratif, kualitas pembelajaran di sekolah dasar dapat ditingkatkan, memberikan dasar
yang kuat bagi perkembangan akademik siswa di masa depan.

References

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., &

Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.

Ardellea, F., & Hamdu, G. (2022). Pentingnya Kemampuan Guru Sekolah Dasar

dalam Mengembangkan Soal Tes Literasi dan Numerasi Berbasis Education for

Sustainable Development (ESD). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02),

–227.

Ardi, S. D. K., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin

Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1).

Ayuningrum, A., Mabruroh, M., & Dewi, R. S. (2023). Analisis bahan ajar literasi dan

numerasi di sekolah dasar. Journal on Education, 6(1), 9257–9267.

Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi

teknologi pada pembelajaran di sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital

Karimah Tauhid, Volume X Nomor X (202X), e-ISSN 2963-590X | Author

dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35.

Erlinda, E., Suleman, S. N., & Solfarina, S. (2015). Meningkatkan Aktivittas Dan Basil

Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik Pada Siswa Kelas V SD

INPRES Baliase Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Mitra Sains, 3(4), 13–21.

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022).

Analisis evaluasi program kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686–692.

Fitriani, T., Fauziah, A., & Rachman, I. F. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam

Meningkatkan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar untuk

Membangun Kualitas Pendidikan di Bawah Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi

Sumba (JES), 8(1), 1–14.

Juniyanto, A., & Mahmudah, F. N. (2022). Penguatan Literasi Numerasi Berbasis

Program Pembiasaan di SD. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 115–123.

Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi

Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI,

(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-

Lering, M. E. D., Kasim, A. M., & Chotimah, N. (2024). Kampus Mengajar dan

Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar.

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(02), 47–53.

Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur:

Perkembangan literasi dan numerasi di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 5(3), 6504–6512.

Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi

Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal

Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 20–25.

Nugroho, A. W., & Dewi, A. A. (2024). Kajian Literatur: Peran Lingkungan Belajar

dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Belajar Anak. Sindoro: Cendikia

Karimah Tauhid, Volume X Nomor X (202X), e-ISSN 2963-590X | Author

Pendidikan, 4(3), 21–31.

Nurrohmah, S., & Mardiyana, I. I. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics

Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V UPTD

SDN Tanjungbumi 3. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 225–233.

Sholikhah, U. A., Markhamah, M., Rahmawati, L. E., & Fauziati, E. (2023). Habituasi

Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar (Literational Habituation of Students

to Read Write in Elementary School). Indonesian Language Education and Literature,

(2), 245–258.

Susanti, D. I., Prameswari, J. Y., & Anawati, S. (2022). Penerapan literasi baca-tulis dan

literasi numerasi di kelas bawah sekolah dasar. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan

Pengajaran, 6(1), 78–84.

Syarifuddin, S., Maryani, D., Salsabilah, U., & Marisa, M. (2024). Pendampingan

Literasi dan Numerasi Siswa SDN Inpres Tawali Wera Kabupaten Bima melalui

Metode Tutor Sebaya dan Berbantuan Media Gambar. Bima Abdi: Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 4(1), 49–57.

Triani, L., & Rofi’ah, S. (2023). Analisis Persepsi Guru Pada Pembelajaran Matematika

Berbasis Literasi dan Numerasi. Jurnal Basicedu, 7(4), 2521–252

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Titi saryiti, F., Ananda Darmawan, R. ., & Aditya Rizaldi, M. . (2024). Analisis Pengaplikasian Literasi dan Numerasi di Sekolah. Karimah Tauhid, 3(8), 9278–9293. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14538