Analisis Pengaplikasian Literasi dan Numerasi di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14538Keywords:
Literasi, Numerasi, Kompetensi Guru, Pengajaran InovatifAbstract
Peneliti menulis artikel ini dengan tujuan menganalisa dan memahami pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar literasi dan numerasi di sekolah, dengan menyoroti berbagai faktor yang
mempengaruhi efektivitasnya, penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang
mengkaji berbagai sumber akademik, laporan penelitian, dan dokumen kebijakan terkait
litnum kurikulum merdeka. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan
pembelajaran yang dipengaruhi oleh kurikulum yang baik, metode pengajaran yang
interaktif dan menyenangkan, kompetensi guru, ketersediaan sumber daya pendidikan, serta
dukungan dari orang tua dan lingkungan keluarga. Kurikulum yang disusun dengan baik
memberikan kerangka kerja yang jelas bagi guru di sekolah, sementara metode pengajaran
yang inovatif meningkatkan minat dan motivasi siswa. Kompetensi guru yang
memadai dan pelatihan professional berkelanjutan sangat penting dalam pengimplementasi
pembelajaran yang efektif. Selain itu, ketersediaan buku teks, alat peraga, dan teknologi
informasi mendukung pemahaman siswa terhadap konsep literasi dan numerasi. Dukungan
keluarga dan lingkungan sekitar yang supportif juga memainkan peran krusial dalam
meningkatkan kemampuan berdedikasi siswa. Dengan pendekatan yang holistik dan
kolaboratif, kualitas pembelajaran di sekolah dasar dapat ditingkatkan, memberikan dasar
yang kuat bagi perkembangan akademik siswa di masa depan.
References
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., &
Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.
Ardellea, F., & Hamdu, G. (2022). Pentingnya Kemampuan Guru Sekolah Dasar
dalam Mengembangkan Soal Tes Literasi dan Numerasi Berbasis Education for
Sustainable Development (ESD). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02),
–227.
Ardi, S. D. K., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin
Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1).
Ayuningrum, A., Mabruroh, M., & Dewi, R. S. (2023). Analisis bahan ajar literasi dan
numerasi di sekolah dasar. Journal on Education, 6(1), 9257–9267.
Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi
teknologi pada pembelajaran di sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital
Karimah Tauhid, Volume X Nomor X (202X), e-ISSN 2963-590X | Author
dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35.
Erlinda, E., Suleman, S. N., & Solfarina, S. (2015). Meningkatkan Aktivittas Dan Basil
Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik Pada Siswa Kelas V SD
INPRES Baliase Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Mitra Sains, 3(4), 13–21.
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022).
Analisis evaluasi program kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686–692.
Fitriani, T., Fauziah, A., & Rachman, I. F. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam
Meningkatkan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar untuk
Membangun Kualitas Pendidikan di Bawah Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi
Sumba (JES), 8(1), 1–14.
Juniyanto, A., & Mahmudah, F. N. (2022). Penguatan Literasi Numerasi Berbasis
Program Pembiasaan di SD. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 115–123.
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi
Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI,
(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
Lering, M. E. D., Kasim, A. M., & Chotimah, N. (2024). Kampus Mengajar dan
Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar.
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(02), 47–53.
Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur:
Perkembangan literasi dan numerasi di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 5(3), 6504–6512.
Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi
Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal
Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 20–25.
Nugroho, A. W., & Dewi, A. A. (2024). Kajian Literatur: Peran Lingkungan Belajar
dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Belajar Anak. Sindoro: Cendikia
Karimah Tauhid, Volume X Nomor X (202X), e-ISSN 2963-590X | Author
Pendidikan, 4(3), 21–31.
Nurrohmah, S., & Mardiyana, I. I. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V UPTD
SDN Tanjungbumi 3. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 225–233.
Sholikhah, U. A., Markhamah, M., Rahmawati, L. E., & Fauziati, E. (2023). Habituasi
Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar (Literational Habituation of Students
to Read Write in Elementary School). Indonesian Language Education and Literature,
(2), 245–258.
Susanti, D. I., Prameswari, J. Y., & Anawati, S. (2022). Penerapan literasi baca-tulis dan
literasi numerasi di kelas bawah sekolah dasar. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan
Pengajaran, 6(1), 78–84.
Syarifuddin, S., Maryani, D., Salsabilah, U., & Marisa, M. (2024). Pendampingan
Literasi dan Numerasi Siswa SDN Inpres Tawali Wera Kabupaten Bima melalui
Metode Tutor Sebaya dan Berbantuan Media Gambar. Bima Abdi: Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 4(1), 49–57.
Triani, L., & Rofi’ah, S. (2023). Analisis Persepsi Guru Pada Pembelajaran Matematika
Berbasis Literasi dan Numerasi. Jurnal Basicedu, 7(4), 2521–252
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fikriawan Titi saryiti, Reffi, aditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.