Guru Penggerak : Pilar Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14530Keywords:
Guru Penggerak, Transformasi Pendidikan, Generasi EmasAbstract
Tujuan dari studi penelitian ini adalah untuk memahami peran penting seorang guru dalam mentrasformasi pendidikan menuju generasi emas .Teknik studi yang digunakan ialah studi literatur yang secara teknis mengumpulkan sumber-sumber bacaan serta reverensi yang di dapat dan dikaji secara mendalam, serta di analisis untuk dapat memperkuat penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan adalah fondasi utama dalam membentuk generasi emas yang akan memimpin masa depan dengan cemerlang. Dengan sistem pendidikan yang berkualitas, anak-anak mendapatkan akses ke pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan untuk menangani tatangan di seluruh dunia . Pendidikan yang baik tidak hanya mengembangkan aspek akademik, tetapi juga karakter, moral, dan etika, yang semuanya penting dalam membentuk karakter yang bertanggung jawab dan berintegritas tinggi
References
Arif, M, I B Mulyadi, dan N Hudah. 2020a. “Madrasah Ibtidaiyah Transformation Based on Pesantren in the Era of Industrial Revolution 4.0.” Education journal 57: 420–35.
Dongoran, Faisal R. 2014. “Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 dalam perspektif Filsafat Pendidikan.” Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 11(1): 61–76.
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran Guru Dalam Pendidikan Moral Dan Karakte. Jurnal Education and Development, 315-318.
Firnando, H. G. (2023). Strategi Keunggulan: Kepribadian Efektifitas Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Sebagai Fondasi Pendidikan Yang Bekualitas. Jurnal Madinasika, 13-21.
Hamdani, A. D., Nurhafisah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Guru, 170-178.
Hartinah, S., Patimah, L., Faruk, A., Zulkarnain, F., Mardikawati, B., & Prastawa, S. (2024). Inovasi Pendidikan Berkarakter Menciptakan Generasi Emas 2045. Journal On Education, 13231-13237.
Hidayat, T. Dinamika Revolusi Industri 4.0 Terhadap Knowledge Based Society Menuju Transformasi Indonesia Emas 2045. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 3, pp. 180-188).
Maisaroh, A. A., & Untari, S. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEBIJAKAN PEMERINTAH DI INDONESIA MENUJU GENERASI EMAS 2045. Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 18-30.
Muflihin, A., & Makhsun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 91-103.
Savira, L. (2023). Peran Guru Pada Transformasi Pendidikan Dalam Menyongsong Generasi Emas 2045. Jurnal Al-Madaris, 28-36.
SM, P. P. (2024). MEWUJUDKAN GENERASI EMAS 2045 MELALUI PENEGAKAN HUKUM YANG BERKEADILAN BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 Yang Religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 91-103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Liskarina fitria Indah Sari, Siti Nurlaelah , Dwi Yani Nurjannah Cahyono, Hasan Bisri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.