Guru Penggerak : Pilar Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas

Authors

  • Liskarina fitria Indah Sari Universitas Djuanda
  • Siti Nurlaelah Universitas Djuanda
  • Dwi Yani Nurjannah Cahyono Universitas Djuanda
  • Hasan Bisri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14530

Keywords:

Guru Penggerak, Transformasi Pendidikan, Generasi Emas

Abstract

Tujuan dari studi penelitian ini adalah untuk memahami peran penting seorang guru dalam mentrasformasi pendidikan menuju generasi emas .Teknik studi yang digunakan ialah studi literatur yang secara teknis mengumpulkan sumber-sumber bacaan serta reverensi yang di dapat dan dikaji secara mendalam, serta di analisis untuk dapat memperkuat penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan adalah fondasi utama dalam membentuk generasi emas yang akan memimpin masa depan dengan cemerlang. Dengan sistem pendidikan yang berkualitas, anak-anak mendapatkan akses ke pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan untuk menangani tatangan di seluruh dunia . Pendidikan yang baik tidak hanya mengembangkan aspek akademik, tetapi juga karakter, moral, dan etika, yang semuanya penting dalam membentuk karakter yang bertanggung jawab  dan berintegritas tinggi

References

Arif, M, I B Mulyadi, dan N Hudah. 2020a. “Madrasah Ibtidaiyah Transformation Based on Pesantren in the Era of Industrial Revolution 4.0.” Education journal 57: 420–35.

Dongoran, Faisal R. 2014. “Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 dalam perspektif Filsafat Pendidikan.” Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 11(1): 61–76.

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran Guru Dalam Pendidikan Moral Dan Karakte. Jurnal Education and Development, 315-318.

Firnando, H. G. (2023). Strategi Keunggulan: Kepribadian Efektifitas Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Sebagai Fondasi Pendidikan Yang Bekualitas. Jurnal Madinasika, 13-21.

Hamdani, A. D., Nurhafisah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Guru, 170-178.

Hartinah, S., Patimah, L., Faruk, A., Zulkarnain, F., Mardikawati, B., & Prastawa, S. (2024). Inovasi Pendidikan Berkarakter Menciptakan Generasi Emas 2045. Journal On Education, 13231-13237.

Hidayat, T. Dinamika Revolusi Industri 4.0 Terhadap Knowledge Based Society Menuju Transformasi Indonesia Emas 2045. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 3, pp. 180-188).

Maisaroh, A. A., & Untari, S. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEBIJAKAN PEMERINTAH DI INDONESIA MENUJU GENERASI EMAS 2045. Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 18-30.

Muflihin, A., & Makhsun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 91-103.

Savira, L. (2023). Peran Guru Pada Transformasi Pendidikan Dalam Menyongsong Generasi Emas 2045. Jurnal Al-Madaris, 28-36.

SM, P. P. (2024). MEWUJUDKAN GENERASI EMAS 2045 MELALUI PENEGAKAN HUKUM YANG BERKEADILAN BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).

Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 Yang Religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 91-103.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Indah Sari, L. fitria, Nurlaelah , S. ., Cahyono, D. Y. N. ., & Bisri , H. . (2024). Guru Penggerak : Pilar Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas . Karimah Tauhid, 3(8), 9268–9277. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14530
Abstract viewed = 3 times

Most read articles by the same author(s)