Menerapkan Keterampilan Komunikasi dengan Memperhatikan Bahasa Tubuh dan Ekspresi Wajah

Authors

  • Alya Martha Universitas Djuanda
  • Muliana Hasea Sihotang Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14343

Keywords:

Keterampilan Komunikasi, Bahasa Tubuh, Ekspresi Wajah

Abstract

Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, baik di lingkungan kerja, akademis, maupun social. Salah satu komponen utama dari komunikasi yang efektif adalh kemampuan untuk memperhatikan dan menafsirkan Bahasa tubuh serta ekspresi wajah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya bahasa tubuh dan ekspresi wajah dalam komunikasi, serta bagaimana keterampilan ini dapat diterapkan untuk meningkatkan interaksi interpersonal. Metode penelitian yang digunakan mencakup tinjauan literatur dan studi kasus yang melibatkan observasi partisipan dalam berbagai konteks komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman yang mendalam tentang Bahasa tubuh dan ekspresi wajah dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dengan lebih jelas dan efektif, mengurangi potensi kesalahpahaman, dan membangun hubungan yang lebih baik. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya pelatihan dan Pendidikan dalam keterampilan non-verbal sebagai bagian integral dari program pengembangan komunikasi.

References

Knapp, M. L., & Hall, J. A. Mehrabian (1971). Nonverbal Communication in Human Interaction.

Ekman, P. & Friesen, W.V. (1984). Unmas- king the face. Palo Alto, CA: Coun- suiting Psychologists Press

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Martha, A., & Sihotang, M. H. (2024). Menerapkan Keterampilan Komunikasi dengan Memperhatikan Bahasa Tubuh dan Ekspresi Wajah. Karimah Tauhid, 3(8), 8637–8641. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14343
Abstract viewed = 3 times