TRANSFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK DIERA DIGITAL

Authors

  • Siti Maryanah Universitas Djuanda
  • Maldena Zahra Universitas Djuanda
  • Anita Rahmawati Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14213

Keywords:

Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Digitalisasi

Abstract

Data yang diubah dari bentuk fisik menjadi versi digital yang dapat ditangani oleh teknologi informasi dikenal sebagai digitalisasi. Pemerintah harus memanfaatkan berbagai saluran internet, termasuk media sosial, aplikasi seluler, dan situs web. Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan akses publik terhadap informasi dan layanan pemerintah sekaligus memperkuat kerangka kerja e-government. Dalam rangka meningkatkan layanan publik dan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, digitalisasi sangat penting. Istilah "transformasi digital" yaitu proses penggunaan teknologi untuk menciptakan hal-hal baru dan mengubah layanan pelanggan, budaya, dan proses bisnis sebagai respons terhadap pergeseran kebutuhan pelanggan dan model bisnis. Oleh karena itu, inisiatif pemerintah, transformasi digital, dan penggunaan teknologi untuk menciptakan layanan publik yang transparan dan efisien merupakan hal yang penting dalam administrasi publik.

References

Ashari, A., & Sallu, S. (2023). Digitalisasi Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Remik, 7(1), 342–351

Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. Kybernan: Jurnal Stdui Kepemerintahan, 4(2), 226–239.

Indah Mawarni. (2023). Deandlles Christover, Aji Syarif Hidayattulah, & Indah Mawarni. (2023). Penerapan Konsep- Konsep Digitalisasi dalam Pelayanan

Irfan, B., & Anirwan, A. (2023). Pelayanan Publik Era Digital: Studi Literatur. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(1), 23-31.

Lukman, J. P., & Sakir, A. R. (2024). Transformasi Digital dalam Administrasi Publik: Peluang dan Tantangan. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(1), 1042-1049.

Publik di Kantor Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Penelitian dan Pengembangan. Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic), 2(2).

Yulanda, A., & Adnan, M. F. (2023). Transformasi Digital: Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik Ditinjau dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 103-110.

Published

2024-07-23

How to Cite

Maryanah, S., Zahra, M. ., & Rahmawati, A. (2024). TRANSFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK DIERA DIGITAL . Karimah Tauhid, 3(7). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14213
Abstract viewed = 3 times