Analisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Terhadap Alfamart Ciawi 2

Authors

  • Ika Maulida Universitas Djuanda
  • Tini Ulan Dari Universitas Djuanda
  • Andreasa Gojali Universitas Djuanda
  • Ifan Reza Rofiqi Universitas Djuanda
  • Raju Munawar Universitas Djuanda
  • Siti Dwi Lestari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14209

Keywords:

Ritel, Store Atmosphere, Importance Performance Analysis (IPA), Kepuasan Konsumen

Abstract

Era globalisasi telah meningkatkan ketatnya persaingan  di industri ritel Indonesia, termasuk minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis  kepuasan konsumen terhadap kinerja Alfamart Ciawi 2 menggunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA). Dengan menggunakan metode kuantitatif dan survei terhadap 50 responden, hasilnya menunjukkan bahwa meskipun desain eksterior toko dan privasi toilet penting, namun masih kurang memuaskan konsumen dan perlu ditingkatkan. Fitur-fitur seperti papan petunjuk yang jelas dan lebar pintu masuk yang memadai sudah terbukti dan harus dipertahankan. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, Alfamart Ciawi 2 sebaiknya meningkatkan karakteristik pada kuadran pertama dan mempertahankan karakteristik pada kuadran kedua untuk meningkatkan daya saingnya di pasar ritel.

References

Angela, Z., & Siregar, O. M. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Store Atmosphere Terhadap Tingkat Kunjungan Konsumen pada Cafe Taman Selfie Binjai. E-Proceeding Senriabdi, 1(1), 417–433.

Arghisa, D., Afriani, S., & Rahman, A. (2021). An Analysis of Service Quality Towards Customer Satisfaction Using Importance Performance Analysis (IPA) Method. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 2(4), 427–434. https://doi.org/10.53697/emak.v2i4.188

Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1, 1–14. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/

Dwi, N. M., Cahyanti, R., Made, D., Sukma, R. P., Prasetya, K., Nugraha, W., Ayu, G., & Giantari, K. (2023). JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERBASIS IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA GERAI RITEL ALFAMART DI KOTA DENPASAR. Juima, 13(1), 70.

Fernando, Y., Apriyani, C., Pasha, D., & Alamsyah, D. (2022). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Website Pondok Pesantren Al-Hidayah Pringsewu. Resolusi : Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi, 2(6), 251–257. https://doi.org/10.30865/resolusi.v2i6.406

Ilham, S., Silaningsih, E., Kartini, T., & Gemina, D. (2024). Peningkatan Kepuasan Pelanggan. 13(01), 186–200.

Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Marthalia, D., & Permana, A. K. W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart Talang Kelapa 2). EKOBIS Kajian Ekonomi Dan Bisnis, II(2), 16–29.

Renaldi, R., & Pradana, M. (2023). Analisis Ekspektasi Penggunaan Aplikasi Transportasi Online Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis (IPA). SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 887–897. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4114

Wardana, M. A. K., Octavini, N. A., & Nurbaiti, S. (2023). Indomaret Vs Alfamart : the Battle for Store Atmosphere Supremacy. Fidusia : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 6(2), 118–129. https://doi.org/10.24127/jf.v6i2.1822

Yudha, E. P., Suryana, D. N., & Sitio, A. A. P. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Perusahaan Multinasional Dunkin Donut. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis, 6(1), 392–400.

Published

2024-07-22

How to Cite

Maulida, I., Dari, T. U., Gojali, A. ., Rofiqi, I. R., Munawar, R., & Lestari, S. D. (2024). Analisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Terhadap Alfamart Ciawi 2. Karimah Tauhid, 3(7). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14209
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)