Analisis Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Metode Important Performant Analisis (Studi Kasus Indomaret Unida)
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14124Keywords:
kepuasan konsumen, important performance analysis, customer satisfaction index, store atmosphereAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja toko Indomaret unida, menggunakan pendekatan Important Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Store atmosphere atau suasana toko memiliki dampak signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen. Dengan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 50 responden. Hasil analisis IPA menunjukkan tingkat kepuasan terhadap berbagai aspek produk dan layanan yang ditawarkan. Dalam analisis ipa pada Indomaret unida ini menunjukkan atribut-atribut yang perlu diperbaiki, dipertahankan, dan yang kurang prioritas dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Sementara itu, Perhitungan yang dilakukan oleh CSI menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja toko mencapai 80% yang menunjukkan bahwa Sebagian besar pelanggan merasa puas. Penelitian pada toko Indomaret Unida yang menggunakan CSI, IPA, dan Store Atmosphere merupakan sebuah kemajuan besar dalam upaya perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kinerja toko. Dengan memahami dan memenuhi ekspektasi pelanggan, Indomaret dapat meningkatkan daya saingnya dan memantapkan posisinya sebagai salah satu peritel terdepan di Indonesia.
References
Budiarto, B. R., & Santoso, B. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Konsumen Menggunakan Metode Service Performance, Lean Service, Dan Importance Performance Analisys. Juminten, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i2.93
Christono, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics and Business UBS, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13
Ilham, S., Silaningsih, E., Kartini, T., & Gemina, D. (2024). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Strategi Store Atmosphere. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(01), 186–200. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.28305
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Meldarianda, R., Lisan, H., Kristen, U., & Bandung, M. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 17(2), 97–108.
R, M. . A. J. P. (2019). Pemanfaatan Metode Technique For Order Preference By Similiarity To Ideal Solution ( Topsis ) untuk Menentukan Pelanggan Terbaik. Jurnal Informasi Dan Komputer, 7(1), 1–6.
Reza Amri, H., Ridho Taufiq Subagio, & Kusnadi. (2020). Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen. Jurnal Sistem Cerdas, 3(3), 241–252. https://doi.org/10.37396/jsc.v3i3.86
Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707
Sanusi Mulyo Widodo, & Joko Sutopo. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 38–45.
Wijaya, C., S, A., & Hasanah, W. (2018). Pelanggan dan Kepuasan. Jurnal Dharmawangsa, 16–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Keyla Alya Zahra, Siti Supiah, M. Saepul Adnan , Siti Jenia Renica
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.