Penggunaan KTP Elektronik (KTP-EL) Dilihat dari Perspektif Public Value di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14113Keywords:
Public Value (Nilai Publik), KTP Elektronik, Disdukcapil Kota TangerangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami public value pada Penggunaan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Public value selama ini hanya dipandang diciptakan dan dikoordinir oleh pemerintah, tetapi sebenarnya public value dapat dikoordinir oleh siapapun dengan latar belakang apapun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan informan berasal dari Dinas kependudukan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan konsep public value yaitu dengan menggunakan Strategic, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang telah berupaya memenuhi nilai-nilai publik dalam pelayanan KTP-el, namun masih menghadapi tantangan dalam aspek legitimacy support, operational capability, dan perwujudan public value yang meliputi perlindungan data pribadi, keadilan dan kesetaraan akses, serta transparansi dan akuntabilitas layanan. Untuk mengoptimalkan pemenuhan nilai-nilai publik tersebut, Disdukcapil perlu melakukan perbaikan komprehensif dan berkelanjutan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat, meningkatkan kapabilitas operasional, memperkuat legitimasi dan dukungan, serta mewujudkan nilai publik secara seimbang dan saling menguatkan, sesuai dengan prinsip-prinsip dalam teori strategic triangle.
References
Arysyahdi, R. (2023). Evaluasi Kebijakan Pelayanan e-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 2,575–586. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/7466%0Ahttps://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/download/7466/3520
Astuti, R. S., Kristanto, Y., Aden, D., Nuha, N., & Soedarto, J. H. (2021). Public Value Pengguna Moda Transportasi Bus Rapid Transit (Brt) Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 10(3), 208–223. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/31291.
Busri, Ihyani Malik, & Nur Wahid. (2023). Implementasi Agile Governance pada Reformasi Birokrasi 4.0 di Puslatbang KMP LAN Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 19(1), 85–119. https://doi.org/10.52316/jap.v19i1.134.
Firman, & Jumadi, J. (2020). Problematika Pendaftaran Penduduk Sebagai Upaya Tertib Administrasi E-Ktp Dalam Lingkup Administrasi Negara. Alauddin Law Development Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.24252/aldev.v2i1.13265
Hadiyanor, E., & Widyanti, F. (2022). KUALITAS PELAYANAN E-KTP (Studi Pada Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan, 3(2), 124. https://doi.org/10.20527/jpp.v3i2.4858
Hendriawan, S., Julianto, W., & Didik Himmawan. (2022). Sosialisasi E-Ktp Dan Pemilih Pemula Di Desa Kedokan Gabus Kabupaten Indramayu. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31–35. https://doi.org/10.58355/engagement.v1i1.3
Indrawati, S., & Setiawan, B. (2020). Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Kepemilikan EKTP di Desa Marawan Lama Kecamatan Dusun Utara Kabupaten Barito Selatan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 4(2), 37–43.
Iswandari, B. A. (2021). Jaminan Atas Pemenuhan Hak Keamanan Data Pribadi Dalam Penyelenggaraan E-Government Guna Mewujudkan Good Governance. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 28(1), 115–138. https://doi.org/10.20885/iustum.vol28.iss1.art6
Kristina Maria Nuriani, Achluddin Ibnu Rochim, K. (2021). Akuntabilitas Dan Transparansi Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-Ktp) Pada Kantor Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(3), 1–23.
Lutfi, Z. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ktp Elektronik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Tandes Surabaya. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 6(2), 190–213. https://doi.org/10.37504/map.v6i2.529
Male, M. (2023). Pelaksanaan Sistem Administrasi Kependudukan Dalam Pembuatan E-Ktp Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013. Viva Themis Jurnal Ilmu Hukum, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.24967/vt.v6i1.2086.
Nuha, A. N., Astuti, R. S., & Kristanto, Y. (2021). Public Value Pengguna Moda Transportasi Bus Rapid Transit (Brt) Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 10(3). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jppmr.v10i3.31291.
Nurany, F., Dinda Rahmadhani, C., Kurniawati, L., Pritha Sharmistha, N., Ihza Mahendra, Y., & Rahma Sary, I. (2021). Implementasi Dalam Pelaksanaan E-Ktp. Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan, 3(1), 22–29. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jpp
Nurzila, N., & Abdul Sadad. (2023). Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (E-Ktp) Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hulu. Journal of Research and Development on Public Policy, 2(3), 26–31. https://doi.org/10.58684/jarvic.v2i3.72
Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(1), 884–901.
Prasad Lamsal, B., & Kumar Gupta, A. (2022). Citizen Satisfaction with Public Service: What Factors Drive? Policy & Governance Review, 6(1), 78. https://doi.org/10.30589/pgr.v6i1.470
Putri, B., & Reviandani, O. (2023). Penerapan E-Government Melalui Pelaksanaan Program KTP Digital di Kelurahan Dr. Soetomo Kota Surabaya. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 9(1), 78–96. https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i1.6829
Rinanda, R. R. (2022). Evaluasi Pelayanan Berbasis Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan. 16–75.
Terttiaavini. (2013). Analisa Faktor Keberhasilan Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Pada Pelaksanaan eKTP di Kota Palembang. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) Yogyakarta, 10–15.
Yulianto, W., & Herlina Heryanti, R. (2021). Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan Ddan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen. Journal of Governance and Policy Innovation, 1(1), 77–88. https://doi.org/10.51577/jgpi.v1i1.71
Yusron, A., Ramdani, R., & Sugiarti, C. (2022). Digital Governance dalam Pelaksanaan Program E-Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.36982/jpg.v7i1.1988
Yuza, A. F., & Putra, H. (2023). Integrated Administrative Service Quality In Bantan District Bengkalis Regency (Study Of E-KTP Management). Jurnal Kajian Pemerintah: Journal of Government, Social and Politics, 9(1), 14–22. https://doi.org/10.25299/jkp.2023.vol9(1).12022
Zica, T. D., & Fanida, E. H. (2022). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Melalui Aplikasi Administrasi Kependudukan Cepat Akurat Terintegrasi (Pandu Cakti) Di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung. Publika, 487–498. https://doi.org/10.26740/publika.v10n2.p48
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tamimatul Hasanah, Inda Riana, Siska Rahayu Indri Tazkiya, Putri Indriani, Idhotun Nafiah, Eko Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.