Analisis Keterampilan Menulis Narasi Berdasarkan Media Youtube “Cerita Rakyat” pada Siswa Kelas IV SDN Lawanggintung 2

Main Article Content

Salma Ratu Iqlima

Abstract

Permasalahan siswa kelas IV pada keterampilan menulis masih terdapat siswa yang kurang tepat dalam menggunakan tanda baca dan huruf kapital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan keterampilan menulis siswa dan perkembangan keterampilan menulis siswa kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara semi terstuktur yang dilakukan kepada wali kelas IV di SDN Lawanggintung 2. Prosedur analisis data menggunakan analisis konten. Sementara itu, data penelitian ini diuji dengan menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan ejaan dan kesesuaian kalimat sangat penting untuk keterampilan menulis narasi, sehingga hasil penulisan dapat dibaca dengan mudah dan dapat dimengerti oleh pembaca.

Article Details

How to Cite
Ratu Iqlima, S. (2024). Analisis Keterampilan Menulis Narasi Berdasarkan Media Youtube “Cerita Rakyat” pada Siswa Kelas IV SDN Lawanggintung 2. Karimah Tauhid, 3(6), 6732–6742. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13779
Section
Articles

References

Aceng. (2018). Membaca. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3 Nomor 1. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca/article/download/3745/2739

AINI, N. (2017). KOHESI DAN KOHERENSI. academia.edu.

Akhmad, K. A. (2015). 537-Article Text-592-2-10-20181218.pdf. Journals, Vol.9(No.1).

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Budiargo. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: Kompas Gramedia, cet. ke-1.

Bondar, R., Tanjung, H. R., & Harahap, S. M. (2023). ANALISIS TANDA BACA PADA KARANGAN PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SATU ATAP SOSORGADONG.

Chandra, E. (2022). "Youtube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi". Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1, No. 2. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/download/1035/938

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Dalam Materi Membaca Dongeng Di Kelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1):447-61.

Fatmawati, D., & Fatonah, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pembelajaran Kontekstual Kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 Pagi. Jurnal Eduscience, 4(1), 38-46.

Fatonah, K., Syah, E. F., & Febrianti, N. (2022). Pola Cerita Dalam Cerpen-Cerpen Anak Indonesia Dan Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(2):1214-27.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). PENGEMBANGAN BUKATBER (BUKU KATA BERGAMBAR) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS. 3.

Kenang, T. H. (2019). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Klaten: Penerbit Lakeisha. cet.ke-1.

Lestari, A. W., & Indihadi, D. (2019). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. 6(1).

Mandia, I. N. (2017). KOHESI DAN KOHERENSI SEBAGAI DASAR PEMBENTUKAN WACANA YANG UTUH.

Mulyani, D. M., & Fitriani, H. S. H. (2018). ANALISIS KESALAHAN PENGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SDN II KELAPA DUA KABUPATEN TANGERANG. 7(1).

Meimulyani, Y. (2013). Media Pembelajaran Adaptif. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Studi Ilmu Komunikasi, 5, 1. Retrieved February 28, 2024, from https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/download/588/566

Munirah. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: CV Budi Utama. cet. ke-1. Retrieved Maret 2, 2024

Muttalib, A. (2019, November). Efektivitas Media Youtube pada Tayangan Reality Show Dalam Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Malunda. Peqguruang:Conference Series, 1, 2. Retrieved from http://dx.doi.org/jp.v1i2.582

Noor, M. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jakarta: PT Multi Kreasi Satudelapan.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta.

Octaviani, R. (2019). SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SORONG TUGAS RESUME UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS).

Rozali, Y. A. (n.d.). PENGGUNAAN ANALISIS KONTEN DAN ANALISIS TEMATIK.

Sahrul, R. (2019). Manajerial Keterampilan Menulis. Kadur: Duta Media Publishing.

Semi, M. A. (2021). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Titian Ilmu.

Setiadi, E. F. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal Of Civic Education, Vol.2 No.4. http://jce.ppj.unp.ac.id/index.php/jce/article/view/135/60

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing. cet. ke-1.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.; 1st ed.). Literasi Media Publishing.

Sudarman, P. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Retrieved Maret 3, 2024

Suwarto. (2021). Pemanfaatan Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Vol.15.No 1, 26-30. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/75 31

Syah, E. F. (2022). Identitas Cerita Rakyat Banten Sebagai Transformasi Pertunjukan Pencak Silat Untuk Implikasi Bahan Ajar Muatan Lokal. Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Syarif, E. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Retrieved Maret 2, 2024

Tarigan, H. G. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, Edisi Digital.

Tutisari, R. P. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan

Keamanan (Komaskam), Vol.2, No.2. Retrieved from http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/311/237

Wijoyo, H. (2022). ANALISIS TEKNIK WAWANCARA (PENGERTIAN WAWANCARA, BENTUK- BENTUK PERTANYAAN WAWANCARA) DALAM PENELITIAN KUALITATIF BAGI MAHASISWA TEOLOGI DENGAN TEMA PEKABARAN INJIL MELALUI PENERJEMAHAN ALKITAB.

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2020). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. 3(2).

Zainab, N. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bahasa Jawa untuk Meningkatkan

Keterampilan Menulis dan Berbicara Sisa Kelas II MI Sabilul Huda Senden Peterongan

Jombang.