Analisis Pengendalian Kualitas Produk Air Minum dalam Kemasan Cup 220 ml dengan Metode Statistical Quality Control di PT. AQUA

Main Article Content

Nurah Silvana
Amar Ma'ruf
Miftahudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan jumlah kecacatan, mengidentifikasi kecacatan produk air minum dalam kemasan cup 220 ml di PT. AQUA dengan Statistical Quality Control, dan melakukan usulan perbaikan pada jenis kecacatan. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah Statistical Quality Control, yaitu metode untuk menyelesaikan masalah melalui penerapan alat statistik untuk tujuan pemantauan, pengendalian, analisis, pengelolaan, dan peningkatan produk dan proses. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat delapan jenis kecacatan dengan jumlah kecacatan sebesar 199.664. Hasil analisis peta kendali (p-chart) masih terdapat penyimpangan antara batas atas (UCL) dan batas kendali bawah (LCL) terhadap toleransi kecacatan yang ditetapkan perusahaan. Berdasarkan alat analisis diagram pareto dan histogram, tingkat  dari yang paling tinggi ke terendah yaitu kecacatan pada lid miring, lid tanpa cup, cup double, kemasan bocor, volume kurang, lid cacat, kemasan penyok, dan cup tanpa lid. Diagram sebab-akibat mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi terjadinya kecacatan dalam proses produksi terdapat tiga temuan yaitu mesin, material, dan manusia.

Article Details

How to Cite
Silvana, N., Ma’ruf, A., & Miftahudin. (2024). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Air Minum dalam Kemasan Cup 220 ml dengan Metode Statistical Quality Control di PT. AQUA. Karimah Tauhid, 3(6), 6359–6375. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13479
Section
Articles

References

Arianti MS, Rahmawati E, Prihatiningrum RRY. 2020. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Quality Control (Sqc) Pada Usaha Amplang Karya Bahari Di Samarinda. J. Bisnis dan Pembangunan. 9(2):2541–1403.

Bakthiar S, Tahir S, Hasni RA. 2013. Analisa Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC). Malikussaleh Industrial Engineering Journal. 2(1):29–36.

Chandradevi A, Puspitasari NB. 2016. Analisa pengendalian kualitas produksi Botol X 500 ml pada PT. Berlina, Tbk dengan menggunakan Metode New Seven Tools. Industrial Engineering Online Journall. 5(4):1–9.

Diniaty D, Sandi. 2016. Analisis Kecacatan Produk Tiang Listrik Beton Menggunakan Metode Seven Tools dan New Seven Tools (Studi Kasus: PT. Kunango Jantan). J. Teknik Industri. 2(2):157.

Ilham MN. 2012. Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) pada PT. Citra Raja Ampat Canning Sorong [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin Makassar.

Kaban R. 2016. Pengendalian Kualitas Kemasan Plastik Pouch Menggunakaln Statistical Procces Control (SPC) di PT. Incasi Raya Padang. J. Optimasi Sistem Industri. 13(1):518.

Meliyana H. 2017. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan (ALMDK) Merek Great Pada PT. Trijaya Tirta Dharma Di Bandar Lampung [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

Rusdianto AS, Novijanto N, Alihsany R. 2013. Penerapan Statistical Quality Control (SQC) pada Pengolahan Kopi Robusta Cara Semi Basah. J. Agroteknik. 5(2):1–10.

Sulastri. 2018. Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Proses Produksi Pada Home Industry Amplang Pipih Mahakam Di Samarinda. J. Administrasi Bisnis. 6(4):1583–1594.

Yuliasih NK. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pada Perusahaan Garmen Wana Sari Tahun 2013. J. Agroteknik. 4(1):1–12.