Strategi Pembelajaran Aktif dalam Memahami Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran pada siswa

Main Article Content

Nurfauziah Nadya Amry

Abstract

Pembelajaran adalah kegiatan yang di susun pendidik agar murid mampu belajar dengan harapan bisa  mencapai kompetensi relavan,oleh sebab itu sebelum melaksanakan pembelajaran pendidik harus menyusun strategi  unutuk perencanaan pembelajaran.strategi yang digunakan guru guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar perencanaan pembelajaran.selain daripada itu kerjasama antar guru merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap perencanaan pembelajaran,melalui pertukaran ide, pengalaman ataupun pengetahuan yang dipelajari diluar pembelajaran.melibatkan siswa agar aktif dalam pembelajaran merupakan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka secara siginifikan.strategi pembelajaran aktif ini upaya meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perencanaan pembelajaran termasuk potensi peningkatan keterampilan kritis,kolaborasi,dan kreativitas siswa.dengan menerapkan berbagai strategi yang komprehensif,diharapkan guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan mengutamakan pemahaman yang mendalam dan berkelanjutan tentang perencanaan pembelajaran pada siswa.strategi strategi dalam konteks pembelajaran yang dibahas secara mendalam tersebut memengaruhi motivasi belajar pada siswa dan kemampuan mereka untuk mengaplikasikan konsep dalam konteks yang nyata. Penekanan dari penelitian ini dengan maksud mengintevigasi pendekatan yang digunakan oleh pengajar dalam memberikan fasilitas pengetahuan di konsep dasar perencanaan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Amry, N. N. . (2024). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Memahami Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran pada siswa. Karimah Tauhid, 3(6), 6474–6486. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13396
Section
Articles

References

Alvira O, Puji Ayu, dan Yunianti. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2): 9106–14.

Annisa, Dwi. 2022. “Jurnal Pendidikan dan Konseling.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(1980): 1349–58.

Elmi Masfufah, Erna Sari, Asshofarul Munafi’ah, dan Heny Kusmawati. 2023. “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien.” Journal of Student Research 1(1): 215–30.

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. 2018. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.” At-Tafkir 11(1): 85–99.

Guntur. 2014. “Penilaian Berbasis Kinerja (Performance-Based Assessment) Pada Pendidikan Jasmani.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 10(1): 15–22.

Hidayati, I.W., Azura, N., & Noviyanti, S. 2022. “Strategi Pembelajaran Aktif Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4(3): 216–21.

Isnawan, Muhamad Galang, dan Arief Budi Wicaksono. 2018. “Model Desain Pembelajaran.” Indonesian Journal of Mathematics Education 1(1): 47.

Kartakusumah, Berliana, Mega Febriani Sya, dan Mustolah Maufur. 2022. “Pembelajaran Berbasis Tugas dan Masukan untuk Meningkatkan Karakter Siswa.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(1): 1–10.

Ningsih, Nurlitasari. 2015. “Penerapan Model Discovery Learning dengan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat.” : 11–50.

Nuresa, Sinta Ayu, Mega Febriani Sya, dan Iyon Muhdiyati. 2023. “Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Peserta Didik Sekolah Dasar.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1(2): 40–49.

Pawero, Abdul Muis Daeng. 2021. “Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan.” Dirasah 4(1): 16–32. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah.

Ridwan, Muannif, Suhar AM, Bahrul Ulum, dan Fauzi Muhammad. 2021. “Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah.” Jurnal Masohi 2(1): 42.

Siregar, Yulinda et al. 2013. “kompetensi guru dalam pembelajaran aktif.” Journal.Lppmunindra.Ac.Id 3(1): 39–48. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/114.

Sya, Mega Febriani et al. 2021. “Pembelajaran Bahasa Indonesia: Menuju Pencapaian Kompetensi Komunikatif Akademik.” Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 3(3): 183–89.

SYAPARUDDIN. 2020. “STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1): 30–41.

Utami, S, dan T Sabri. 2020. “Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada siswa sd.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran … (1): 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5862%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/5862/6721.

Wardani. 2016. “hakikat strategi pembelajaran.” : 1–23.