Analisis Kemampuan Inovasi Guru pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cikupa
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13362Keywords:
Pembelajaran Tematik, Inovasi GuruAbstract
penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan inovasi guru pada pembelajaran tematik dikelas V SD Negeri Cikupa. Jenis penelitian kualitatiif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis Miles and Huberman yaitu pengumpuland ata, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabhsahan data menggunakan triangulasi sumber. Sampel pada penelitian ini yaitu kepala sekokah dan guru. Fokus pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi guru pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri Cikupa. Subfokus pada penelitian ini yaitu proses pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri Cikupa, bentuk kemampuan inovasi guru pada pembelajaran tematik dikelas V SD Negeri Cikupa, dan kendala yang dihadapi guru untuk berinovasi pada pembelajaran tematik. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa di SD Negeri Cikupa pembelajaran menggunakan tematik , proses pelaksanaan pembelajaran tematik dimulai dengan persiapan guru menyiapkan perangkat pembelajaran yang didalamnya mencakup kegiatan awal sampai akhir pembelajaran. Pembelajaran tematik menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran hal ini mendorong guru untuk berinovasi untuk menciptakan pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan, bentuk inovasi guru yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu penggunaan metode, model dan media pembelajaran yang beragam. Dalam berinovasi ada beberapa kendala yang dihadapi guru yaitu sarana dan prasarana yang kurang mendukung.
References
Ananda, R., & Fadilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(23), 11–21.
Latip, A. E., Suparman, A., & Nadiroh. (2021). Difusi Inovasi Pembelajaran tematik (1st ed.). UNJ Press.
Mariyani, A. (2019). Analisis Kemampuan Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. JPPD, 6(2), 189–198. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9028
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, IV, 63–76.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.
Sukadari. (2020). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berekebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kelas Rendah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2).
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran (H. Azmi Zanki (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata.
Ananda, R., & Fadilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(23), 11–21.
Latip, A. E., Suparman, A., & Nadiroh. (2021). Difusi Inovasi Pembelajaran tematik (1st ed.). UNJ Press.
Mariyani, A. (2019). Analisis Kemampuan Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. JPPD, 6(2), 189–198. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9028
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, IV, 63–76.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.
Sukadari. (2020). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berekebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kelas Rendah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2).
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran (H. Azmi Zanki (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riskalia Nurbani, Zahra Khusnul Lathifah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.