Pentingnya Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Proses Belajar Siswa SD
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan suatu lembaga yang berperan dalam membantu mengembangkan karakteristik anak, seperti kognitif, afektif dan psikomotorknya. Namun, di era globalisasi yang semakin berkembang, masih banyak guru belum meluaskan alat peraga dalam pembelajarannya, sehingga proses belajar yang dilakukan tidak menarik perhatian siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengamati seberapa penting peningkatan media pembelajaran berpedoman teknologi dalam proses belajar siswa. Dalam penelitian ini menerapkan desain kualitatif dengan mengguanakan strategi kajian pustaka atau studi literatur mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dengan terfokus pada implementasi model Assure. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa mengembangkan alat peraga pembelajaran dalam proses belajar sangat penting untuk dilakukan, terutama terhadap media pembelajaran berbasis teknologi. Semakin berkembangnya zaman menjadikan teknologi semakin bermanfaat untuk digunakan dalam segala bidang, termasuka dalam bidang pendidikan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Anis, & Sya, M. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 352–356. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7819%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7819/3512
Ashari, F., & Purnama, S. (2019). PENGGUNAAN KATA KERJA SIMPLE PRESENT TENSE DAN ADJECTIVE DALAM PENULISAN TEKS DESKRIPSI. INFERENCE: Journal of English …, 2(2), 131–137. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/5953
Asmawi, Syafei, & Yamin, M. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 50–55.
Iskandar, R., & F, F. (2020). Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052–1065. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.468
Mata, P., Qur, P. A.-, & Hadi, A. N. (2021). Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis … Analisis Implementasi Adab Berdialog …. 10(01), 149–162.
Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Ynianika, I. T. (2019). YouTube Sebagai Media Pengembangan Kemahiran Bahasa Inggris: Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2/6150.2023
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. VIII(2).
Munisah, E. (2019). MODEL DESAINMULTIMEDIA PEMBELAJARAN. VOL. 17 NO.
Rustandi, A., Studi, P., Komputer, P., Mulawarman, U., Objectives, S., Methodes, S., Media, U., & Participation, R. L. (2022). PENERAPAN MODEL ASSURE DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMKN 3 PENAJAM PASER UTARA. VIII, 6–18.
Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605
Supriyono. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD. II, 43–48.
Ubabuddin. (2019). HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. V(1), 18–27.
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Wekke, I. S. (2020). Metode Penelitian Ekonomi Syariah Ismail Suardi Wekke , dkk (Issue December 2019).