Meningkatkan Karakteristik Rasional Siswa untuk Pembelajaran yang Memotivasi
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13209Keywords:
Karakteristik, Rasional, MotivasiAbstract
IPTEK berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari salah satunya aspek pendidikan. Penelitian ini membahas strategi pembelajaran yang memotivasi untuk meningkatkan karakteristik rasional pada siswa. Dengan menggunakan metode penelitian studi pustaka seperti jurnal, artikel, atau dokumen lainnya. Hasil penelitian ini yaitu masih banyak yang kesulitan dalam meningkatkan karakteristik rasional siswa. Banyak cara untuk mneingkatkan karakteristik rasional yaitu dengan cara model pembelajaran reflektif dan belajar secara berkelompok, karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan meningkatkan rasa percaya diri siswa.
References
Ali, H. G. (2014). Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta didik. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 31–42.
Aprilia, N. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 27. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i1.4739
Astuti, R. N. (2012). Peta Konsep Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Rasional Siswa Sd/Mi. Madrasah, 2(1). https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1831
Gilis, N. I., & Winarta, I. K. A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Project Based Learning Bermuatan Reflektif Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Journal of Education Technology, 3(4), 286. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22365
Hendrayana, S. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Sumber Daya Alam. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 73. https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.471
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Mukhlisah, A. N., & Irfan, M. (2023). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 2(9), 185–190.
Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.35
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Serli Evidiasari, Subanji, S. I. (2018). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Supriani, Y., Ulfah, & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar (JAA), 1(1), 1–10. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di MI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Widayat, P. A., Munthe, B., Musthofa, T., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN Arabi : Journal of Arabic Studies. 6(1), 39–53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reizah Choiriyatul Fadlah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.