Meningkatkan Minat Literasi Peserta Didik dengan Sastra Anak
Main Article Content
Abstract
Media pada sastra anak juga bisa dijadikan bahan ajar untuk peserta didik dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat peseta didik di Sekolah Dasar untuk literasi dengan menggunakan media ajar karya sastra anak, Dimana memfokuskan sastra anak sebagai media ajar dalam meningkatkan minat literasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan dengan bibliometric untuk menganalisis beberapa artikel yang membahas karya sastra anak sebagai media untuk meningkatkan minat peserta didik dalam literasi di Sekolah Dasar. Dapat dikemukakan bahwa terdapat tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh dari penerapan sastra anak dalam meningkatkan literasi peserta didik, untuk mengetahui apakah terdapat kekurangan dan keberhasilan dari penerapan sastra anak dalam peningkatan literasi peserta didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdul Rohman, Y., Rahman, & S Darmayanti, V. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Dzakkiyah, A. A., Anggraini, I. S., Anjani, R., Chairani, S., & Mashudi, E. A. (2023). Analisis Bibliometrik: Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di PAUD. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.1066
Hermawan, W., & Anjariyah, D. (1918). Penguatan Nilai Multikultural Sastra Lokal sebagai Media Literasi Anak. 4(4), 1918–1926.
Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Permendikbud, 45.
Sapanti, I. R., Dahlan, U. A., Apriyani, T., Dahlan, U. A., Daulay, R., & Dahlan, U. A. (2021). Pengenalan sastra anak untuk meningkatkan literasi baca tulis anak. 2(2), 95–102.
Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Wahyu, C. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Bercerita. Jurnal Al-Amar, 2(April), 121–132.