Perbandingan Keefektifan Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee dan Belanja di Pasar: Menurut Konsep Islami pada Masyarakat Usia 17-25 Tahun

Main Article Content

Nur Asiah Jamil Ismaya
Regina Widi Astrian
Tuti Kurnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan konsumen dalam konteks pembelian online dan offline, fokus pada pelayanan, harga, dan kualitas produk, dengan penekanan pada kenyamanan, keamanan, kesenangan, dan kemudahan pengguna melalui integrasi platform sosial. Meskipun platform seperti Shopee menawarkan kelebihan tersebut, perkembangan zaman seringkali diiringi penurunan nilai etika bisnis. Persaingan intens dapat menghasilkan praktek kontroversial seperti penipuan, semata-mata untuk keuntungan maksimal. Penelitian ini juga mengeksplorasi praktik jual beli di Shopee dan pasar tradisional, menilai aspek-aspek tersebut dari perspektif prinsip-prinsip bisnis Islam. Dengan jenis penelitian kuantitatif-komparatif, data primer diperoleh melalui kuesioner kepada 70 responden usia 17-25 tahun. Hasil menunjukkan penerapan etika bisnis Islam di Shopee dan pasar tradisional masih belum optimal, terutama terkait kejujuran penjual dalam transaksi. Penelitian ini memiliki kekurangan, termasuk penggunaan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang mungkin tidak sepenuhnya menggali informasi secara komprehensif.

Article Details

How to Cite
Ismaya, N. A. J. ., Astrian, R. W. ., & Kurnia, T. . (2024). Perbandingan Keefektifan Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee dan Belanja di Pasar: Menurut Konsep Islami pada Masyarakat Usia 17-25 Tahun . Karimah Tauhid, 3(3), 3150–3163. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12263
Section
Articles

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012.

Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Amanah, Dita. “Pegaruh Kualitas dan Harga terhadap Loyalitas Melalui kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan”. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Volume 2 No.1, Maret 2010.

Arikunto, Suharsimi. 2013.

Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Suwarni dan Septina Dwi Mayasari, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen” Jurnal Ekonomi Bisnis, TH.16, NO.1, Maret 2011.

Hermawan, Agus. 2012.

Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Arianto, Mukhamad dan Nur Mahmudah, “Analisis Kepuasan Konsumen di Jatiroso Catering Service”, Jurnal Bisnis Manajemen dan Perbankan Vol. 1, No. 2, September 2014.

Kurniawan, Albert. 2014.

Metode Riset Untuk Ekonomi & Bisnis. Bandung: Alfabeta.