Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Djuanda Menjelang Idul Fitri

Main Article Content

Anggita Oktaviyani
Lisa Marisa

Abstract

Kegiatan berbelanja adalah tindakan mendapatkan barang atau jasa dari penjual dengan niat untuk memperolehnya pada saat tersebut. Belanja adalah aktivitas pemilihan dan/atau membeli. Namun, pada konsep belanja pada zaman ini berubah menjadi sebuah cerminan gaya hidup dikalangan masyarakat. Seringkali terjadi perilaku berbelanja berlebihan atau konsumtif, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pada saat menyambut Idul Fitri, mahasiswa atau masyarakat muslim umumnya aktif berbelanja produk-produk dengan intensitas yang berlebihan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Djuanda pada saat menjelang Idul Fitri. Populasinya adalah mahasiswa Universitas Djuanda program studi Perbankan Syariah. Pada penelitian ini menggunakan komparatif kuantitatif, dimana data penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data survei mengisi link kuisioner. wawancara kualitatif dan diskusi dengan beberapa mahasiswa Universitas Djuanda mengenai analisis perilaku konsumtif pada saat menjelang Idul Fitri.

Article Details

How to Cite
Oktaviyani, A., & Marisa, L. (2024). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Djuanda Menjelang Idul Fitri. Karimah Tauhid, 3(4), 4260–4275. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12252
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, 2005. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Esa Unggul.Jurnal Psikologi,11(1), 50–65

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1986), h. 458

Rosyid, Lina dan Rosyid, L dan. (1997). P. K. B. L. of C. pada R. P. (1997). Perilaku Konsumtif Berdasar Locus of Control pada Remaja.Psikologika, 5–13

Sembiring, J. (2008). Budaya Konsumerisme.

Setyawati, N. (2010). Hubunganantara Harga Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Sumartono. Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi, h. 117