Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Djuanda dalam Berbelanja Sesuai dengan Konsep Kebutuhan dalam Islam

Main Article Content

Nabila Syalwa
Siti Fauziah Zulfadilla

Abstract


  • Penelitian ini dilakukan oleh Nabila Syalwa dan Siti Fauziah Zulfadilla dengan judul “Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Djuanda dalam Berbelanja sesuai dengan Konsep Kebutuhan dalam Islam”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa Universitas Djuanda dalam memesan, memilih dan membeli suatu produk atau barang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada kualitas keseluruhan dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu secara sistematis dan cermat memunculkan fakta dan karakteristik nyata dari suatu populasi. Wawancara, survei dan tinjauan pustaka digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Djuanda menunjukkan bahwa mereka mempunyai pemahaman yang cukup baik mengenai prinsip konsumsi Islami, namun mereka masih kurang memahami dan masih kesulitan dalam menerapkan prinsip dan batasan yang diatur dalam Islam.

Article Details

How to Cite
Syalwa, N. ., & Zulfadilla, S. F. (2024). Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Djuanda dalam Berbelanja Sesuai dengan Konsep Kebutuhan dalam Islam. Karimah Tauhid, 3(3), 3907–3922. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12246
Section
Articles

References

Pujoharso, C. (2012). Aplikasi teori konsumsi keynes terhadap pola konsumsi makanan masyarakat Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

( Duncan, Tom. 2005. Principles of Advertising & IMC, Second Edition. McGraw-Hill, Inc. Bab 5

Kincaid, Judith. 2003. Customer Relationship Management: Getting it Right. Prentice-Hall, Inc. Page 298.

Huda, N. (2006). Konsep Prilaku Konsumsi dalam Ekonomi Islami. Jurnal Ekonomi Yarsi, 3(3), 67.

Firdaus, M. I., & Sahputra, J. Prinsip Maqosid Ash-Shariah Dalam Konsep Kebutuhan Islam.

Zainur, Z. (2020). Konsep Dasar Kebutuhan Manusia Menurut Persfektif Ekonomi Islam. Jurnal An-Nahl, 7(1), 32-43.

Sodiq, A. (2015). Konsep kesejahteraan dalam islam. Equilibrium, 3(2), 380-405.