Dampak Tiktok Shop Terhadap Prilaku Konsumtif Muslim (Study Kasus Mahasiswa Universitas Djuanda)

Main Article Content

Siti Nurhaliza Azzahra
Syahrul Aryanto

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat. Teknologi informasi hanya digunakan sebagai alat komunikasi saat dahulu, kini telah berkembang menjadi alat periklanan, pemasaran, hiburan, dan sarana untuk berbelanja. Contohnya adalah media sosial yang belakangan populer yaitu Tik Tok di kalangan anak muda,dimana dalam aplikasi Tiktok terdapat fitur belanja online atau yang sering di sebut dengan Tiktok Shop, Berbelanja jadi lebih mudah karena tidak perlu bertemu langsung saat prosesnya. Dengan adanya kemudahan dalam berbelanja sepert sekarang ini, beberapa orang melakukannya dengan baik, dan ada juga yang konsumtif atau berlebihan dalam berbelanja, dalam artian selain untuk memenuhi kebutuhan dalam bentuk tersier, komplementer dan memenuhi kebutuhan dalam bentuk primer ke sekunder. Perubahan kebiasaan konsumsi masyarakat bahkan memunculkan kecenderungan ke arah perilaku konsumtif. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, melalui google form dengan menyebarkan kuesioner yang dibagikan kepada Mahasiswa Universitas Djuanda yang berada di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, dalam sampel pada penelitian ini sebanyak 74 mahasiswa Universitas Djuanda. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang timbul dari fitur belanja dalam aplikasi Tiktok atau yang sering kita sebut dengan Tiktok shop terhadap prilaku konsumtif mahasiswa Universitas Djuanda.

Article Details

How to Cite
Siti Nurhaliza Azzahra, & Syahrul Aryanto. (2024). Dampak Tiktok Shop Terhadap Prilaku Konsumtif Muslim (Study Kasus Mahasiswa Universitas Djuanda). Karimah Tauhid, 3(2), 2133–2143. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12095
Section
Articles

References

Ade Ayu Oktavian, S. K. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA Vol 6 No 1 , 100-107.

Ai Nur Sa’adah, A. R. (2022). PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP FITUR TIKTOK SHOP PADA APLIKASI TIKTOK. Akuntansi, Bisnis dan Keuangan Vol. 2, No, 5, 131-140.

Galuh Putri Riyanto, W. K. (2023, Juli 11). Pengguna TikTok di Indonesia Tembus 113 Juta, Terbesar Kedua di Dunia. Retrieved from tekno.kompas: https://tekno.kompas.com/read/2023/07/10/11000067

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi Vol. 4, No. 2, 123-126.

Nuning Kristiani, S. W. (2022). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESSDAN PLAYFULNESS TERHADAP INTENTION TO USEPENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI MASA PANDEMI COVID 19. urnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 5, No. 2, 162-177.

Reza Handika Supriatna, S. K. (2017). MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN KANTONG DARAH UTD PMI SUMBAWA BERBASIS WEB. JURNAL TAMBORA Vol. 2, No. 2, 1-11.

Vivi Juli Pratiwi, F. E. (2023). Pengaruh Voucer Diskon Belanja Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Implusive Buying Dikalangan Mahasiswa UINWalisongo Semarang. Student Scientific Creativity Journal Vol.1, No. 1, 391-400.