Himma MPI: Pengembangan Soft Skill Mahasiswa Melalui Organisasi
Main Article Content
Abstract
Himpunan Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (HIMMA MPI) adalah organisasi mahasiswa yang mempunyai kedudukan resmi dalam lingkungan perguruan tinggi di Universitas Djuanda.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja anggota organisasi HIMMA MPI yang ada di Universitas Djuanda. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstuktur dengan 15 mahasiswa MPI Universitas Djuanda. Analisis data menggunakan analisis kualitatif tematik. Analisis mengungkapkan 4 tema yang meliputi: tujuan, manfaat, strategi dan dampak positif dalam pengembangan soft skill mahasiswa melalui organisasi.penelitian ini menyimpulkan dengan mengikuti organisasi HIMMA dapat meningkatkan pengalaman kuliah secara keseluruhan, mengikuti organisasi kampus memiliki berbagai keuntungan, yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan diri mereka secara akademis, profesional, dan pribadi.Penelitian ini berkontribusi untukmenumbuhkembangkan soft skill HIMMA MPI.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157-165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Mulyadi, D. (2019). Outstanding teachers: The steps in acquiring them. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 440-447. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1528
Aliyyah, R. R., Rosyidi, U., & Yazid, R. (2019, March). An evaluative study of an education scholarship program (Bidikmisi) for students in Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012171). IOP Publishing. 10.1088/1742-6596/1175/1/012171
Braun, V., & Clarke, V (2019). Merefleksikan analisis tematik refleksif. Penelitian Kualitatif dalam Olahraga, Latihan dan Kesehatan, 11(4), 589-597
Bungin, B. (2021). Metode penelitian sosial pasca-kualitatif: metode campuran kuantitatif-kualitatif. Jakarta: Grup prenadamedia.
Corpley,A. (2019). Metode pene;itian kualitatif: pengenalan berorientasi praktik untuk mahasiswa psikologi dan pendidikan. Riga, Latvia: Zinatne.
Hardiansah, M. F. (2019). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dan Budaya Organisasi Dengan Prestasi Akademik Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Periode 2017. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 47-54.
Hester, PT, & Adams, KMG (2018), Buku pegangan Sage tentang pengumpulan data kualitatif. Dalam U. Flick (Ed.), topik tentang keselamatan, risiko, keandalan, dan kualitas. Dalam (Vol. 33): Publikasi Sage.
Jundi, M., Adam, M. Z., Ali, I., Kadir, S. D., & Laubaha, S. A. (2022). Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Matrikulasi Bahasa Arab bagi Mahasiswa Baru. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 4(1), 1-9.
Kumar, R. (2011). Metodologi penelitian: panduan langkah demi langkah untuk pemula (edisi ke -3). New Delhi: Bijak.
Miles, MB, Hubermen, M., & Saldana, J (2014). Analisis data kualitatif. Buku sumber metode (edisi ke-3). Los Angeles:Publikasi Sage.
Miles, MB, Hubermen, M., & Saldana, J (2014). Analisis data kualitatif. Sebuah buku sumber metode. Jurnal Penelitian Personalia, 28(4), 485-487
Riauan, Muhd Ar Imam. "Stereotip Budaya Pada Himpunan Mahasiswa Daerah di Pekanbaru." Inter Komunika: Jurnal Komunikasi 5.1 (2020): 43-56.
Simmons, KB (2014). Metode triangulasi survei topografi stadion transit disesuaikan dengan arsitekstur lansekap (Edisi Februari). Serikat Amerika Serikat: Universitas Massachutsetts Amherst.
Supriyadi, Budi, and Lukman Bachtiar. "Sistem Informasi Administrasi Pada Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sampit Berbasis Web." Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA) 8.1 (2019).