Konstribusi Islam dalam Pengembangan Peradaban Dunia

Main Article Content

Nova Azzahra
Rahma Dania
Ratri Syawalina
Revalina Ayunda

Abstract

Artikel ini berjudul Kontribusi Islam dalam Perkembangan Peradaban Dunia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode literature revew mengumpulkan informasi dari berbagai sumber buku dan jurnal. Hasilnya  menunjukkan bahwa Islam juga memberikan kontribusi yang sangat baik terhadap peradaban dunia, Islam telah memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam berbagai bidang, antara lain ilmu pengetahuan, seni,akidah , ekonomi, politik, hukum, Pendidikan, sains dan masih banyak lagi. Peradaban Islam merupakan salah satu peradaban besar yang pernah ada di dunia. Peradaban ini mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-9 hingga ke-13 M. Selama masa kejayaan tersebut, peradaban Islam memberikan kontribusi yang besar dan penting bagi perkembangan peradaban dunia, baik dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, maupun budaya. Secara keseluruhan, kontribusi peradaban Islam dalam pengembangan peradaban dunia sangatlah besar dan penting. Kontribusi tersebut telah memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dunia.

Article Details

How to Cite
Azzahra, N., Dania, R., Syawalina, R., & Ayunda, R. . (2024). Konstribusi Islam dalam Pengembangan Peradaban Dunia. Karimah Tauhid, 3(2), 1763–1770. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11913
Section
Articles

References

Rifqi Fauzi, Renaissance Eropadan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Pemikiran Islam, 07 September 2012, http://fauzidex.multiply.com (21 Maret 2018).

Nurkidam Pengaruh Peradaban Islam di Dunia Barat, http://annur01.wordpress.com (21 Maret 2016).

Hardiminoto Muchtar, Pengaruh Islam Dibidang Politik, 20 Juni 2022, Pengaruh Islam di Bidang Politik - Kompas.com

Rahma Indina Rabani, Sejarah Singkat Perkembangan Islam di Eropa, Rusia hingga Inggris, 04 maret 2022, Sejarah Singkat Perkembangan Islam di Eropa, Rusia hingga Inggris (detik.com)