Analisis Kinerja Basis Data Terdistribusi dalam Linkungan Cloud Computing

Main Article Content

Julia
M Irgi Mutahari
Renaldi
Saepullah

Abstract

Penelitian ini mendalami integrasi basis data terdistribusi dalam lingkungan Cloud Computing dengan fokus pada analisis kinerja. Cloud Computing telah menjadi pendorong utama transformasi digital, dan penggunaan basis data terdistribusi semakin meluas untuk memenuhi tuntutan penyimpanan dan akses data yang efisien. Dalam analisis ini, kami mengeksplorasi dampak skalabilitas yang dinamis, kinerja, dan keamanan data dalam konteks implementasi Cloud Computing. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi ini memberikan responsibilitas terhadap perubahan beban kerja dengan fleksibilitas yang optimal, meskipun latensi dalam akses data tetap menjadi perhatian utama. Keamanan data dijaga melalui lapisan keamanan Cloud Computing, sementara manajemen otomatis memberikan efisiensi operasional yang signifikan. Penelitian ini juga membuka pintu untuk potensi inovasi lebih lanjut, termasuk penerapan teknologi terkini seperti kontainerisasi. Kesimpulan dari analisis ini memberikan panduan berharga bagi pengembang dan administrator untuk merancang dan mengelola infrastruktur data yang responsif dan efisien, sejalan dengan perkembangan teknologi Cloud Computing yang terus berkembang. Integrasi antara basis data terdistribusi dan Cloud Computing menjanjikan manfaat yang substansial dalam mendukung kebutuhan organisasi dalam menghadapi tantangan dinamis di era digital saat ini.

Article Details

How to Cite
Julia, Mutahari, M. I. ., Renaldi, & Saepullah. (2024). Analisis Kinerja Basis Data Terdistribusi dalam Linkungan Cloud Computing. Karimah Tauhid, 3(2), 1771–1782. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11907
Section
Articles

References

Marliana, M. (2020). Keamanan Dan Pencegahan Database Cloud Computing Untuk Pengguna Layanan. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 331-336.

Arsa, W., & Mustofa, K. (2014). Perancangan dan Analisis Kinerja Private Cloud Computing dengan Layanan Infrastructure-As-A-Service (IAAS). IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 8(2), 165-176.

Brown, A. R., & Davis, C. S. (2018). Optimizing Database Performance in Cloud Computing: A Comprehensive Analysis. International Journal of Cloud Applications and Computing, 6(1), 18-34.

Lee, K., & Wang, L. (2017). Security Challenges in Distributed Database Systems: A Review. Journal of Information Security and Applications, 34, 102-115.

Sulistyo, W., & Prasetyo, S. Y. J. (2014). Analisis Kinerja Layanan Penyimpanan File Terdistribusi Cluster High-Availability Storage Dengan Menggunakan GlusterFS (Doctoral dissertation, Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW).

Fadil, A., & Wibisono, W. (2016). Pemilihan Dan Migrasi VM Menggunakan MCDM Untuk Peningkatan Kinerja Layanan Pada Cloud Computing. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 79-90.

Herwanto, R., Purbo, O. W., & Aziz, R. A. (2021). CLOUD COMPUTING: Manajemen dan Perencanaan Kapasitas. Penerbit Andi.

PRAMUDITA, S. (2022). Analisis perbandingan kinerja deployment laravel native dengan laravel docker dengan metode stres test (Doctoral dissertation, Universitas Teknologi Digital Indonesia).

Chandra, N., & Yanto, F. (2023). Cloud Computing ANALISIS ANCAMAN KEAMANAN DATA DALAM CLOUD COMPUTING. JCOME, 1(2), 71-75.

Prihantoro, C., & Witriyono, H. (2017). Implementasi Skala Minimum Cloud Computing Kategori Software As A Service (SaaS) Pada Institusi Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Unit Pelayanan Terpadu Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu-UPT TIK UMB). Pseudocode, 4(2), 129-136.

Aulia, B. W., Rizki, M., Prindiyana, P., & Surgana, S. (2023). Peran Krusial Jaringan Komputer dan Basis Data dalam Era Digital. JUSTINFO| Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 1(1), 9-20.