Guru Sebagai Teladan: Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Budaya Pembiasaan di Sekolah

Main Article Content

Nurul Prihatini
Rusi Rusmiati Aliyyah
Muhammad Ichsan

Abstract

Terjadinya perilaku tidak disiplin peserta didik di sekolah menunjukkan adanya permasalahan dalam peran guru sebagai teladan. Karena untuk dapat membentuk karakter disiplin peserta didik di sekolah diperlukan seorang guru. Peran guru sebagai teladan adalah sosok yang menjadi panutan bagi seluruh peserta didik dan juga masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai teladan dalam menunjukkan akhlak mulia, mendeskrispsikan peran guru dalam menunjukkan tanggung jawab dan mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter disiplin peserta didik melalui budaya pembiasaan di SDN Batutulis 1 Bogor. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Analaisis data penelitian ini menggunakan alat bantuan software Nvivo 12 Pro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru sebagai teladan dalam menunjukkan akhlak mulia di SDN Batutulis 1 adalah guru yang dapat menunjukkan teladannya dengan bersikap tulus tanpa pamrih, sabar dalam mengajar, jujur dan sopan santun. 2) Peran guru sebagai teladan dalam menunjukkan tanggung jawab adalah guru yang bertanggung jawab melaksanakan aturan tata tertib dan bertanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 3) Strategi yang guru lakukan dalam membentuk karakter disiplin peserta didik melalui budaya pembiasaan adalah guru membuat kesepakatan kelas, kegiatan pembiasaan serta pemberian reward dan hukuman. Sehingga dengan strategi tersebut dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik.

Article Details

How to Cite
Prihatini, N., Rusmiati Aliyyah, R. ., & Ichsan, M. (2024). Guru Sebagai Teladan: Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Budaya Pembiasaan di Sekolah. Karimah Tauhid, 3(1), 371–385. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11653
Section
Articles

References

Alfiah, S., & Aliyyah, R. R. (2021). Uji Kompetensi Guru: Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Sertifikasi Guru di Aceh. Researchgate.Net, July.

Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi Mutu Pendidikan. Tadbir Muwahhid, 5(1), 47. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046

Arisanti, D. (2017). Implementasi Pendidikan Akhlak Mulia di SMA Setia Dharma Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 206–225. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1046

Azwardi, A. (2021). Application of Rewards and Punishments in Improving Learning Outcomes of Islamic Religious Education in State Middle School 1 Tembilahan. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 261–274. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8497

Budi Raharjo, S. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Edisi ke 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2 No. 1. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542

Mbagho, F. I., Khulailiyah, A., & Naelasari, D. (2021). Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di SMP Negeri 2 Diwek Jombang. Jurnal Studi Kemahasiswaan, Vol 1 No 2.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409

Munsyi, D. A. K., Liliawati, W., & Sari, I. M. (2015). Analisis Karakter Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Games Edukatif Terintegrasi Materi Gerhana Pada Siswa SD. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains.

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru sebagai Teladan dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.349

Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1–11.

Shofwan, I. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Akhlak Mulia Berbasis Al-Qur’an. Madaniyah, 8(2), 199–208.

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. JKTP - Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter: Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. In IAIN Jember Press.

Ulfah, R., Aliyyah, R. R., & Fauziyah, R. S. P. (2018). Reward Dan Punishment Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri. Tadbir Muwahhid, 2(2), 98. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i2.1198

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar Class Teacher Strategy in Facing Lazy Students Learn. Jurnal Tarbawi, 4(1), 38–55.