Implementasi Model Pembelajaran Terintegrasi dengan Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Tematik Kelas VI C di UPTD SDN Citayam 4 Kecamatan Cipayung Kota Depok

Main Article Content

Dimas Fauzi Septyawan

Abstract

Model pembelajaran terintegrasi (terpadu) didefinisikan sebagai Model pembelajaran terpadu yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan dua atau lebih mata pelajaran atau bidang studi dalam satu kegiatan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami konsep yang berkaitan dan mengembangkan keterampilan yang lebih holistik. Untuk menunjang model pembelajaran terintegrasi, penulis menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan yakni pendekatan TPACK. Mishra dan Koehler dalam Sutrisno (2012:101) mengatakan bahwa TPACK adalah kerangka kerja bagi guru dalam memadukan teknologi dalam pembelajaran. Dalam melakukan pembelajaran, terdapat beberapa sintak yang dijalankan yaitu orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing pengalaman individu, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.


Metode Pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Dengan pendekatan TPACK. Hasil dari asesmen berupa LKPD dan Evaluasi belajar menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan LKPD peserta didik bersama kelompoknya mampu menyelesaikan pertanyaan dan proyek sesuai dengan yang diharapkan. Namun dalam melaksanakan presentasi dari hasil proyek yang dibuat berupa puzzle masih terbata-bata dalam penyampaiannya. Dalam melaksanakan evaluasi, 80% peserta didik sudah dapat menjawab pertanyaan dengan benar, namun beberapa anak yang masih mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal.


Dalam melaksanakan pembelajaran yang telah dirancang, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran terintegrasi sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran berbasis tematik karena materi dalam pembelajaran saling berkesinambungan antara matapelajaran yang satu dengan mata pelajaran lainnya. Selain itu, penggunaan pendekatan TPACK cocok digunakan dalam pembelajaran karena dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan memancing berpikir kritis siswa dalam memahami materi yang disampaikan.

Article Details

How to Cite
Septyawan, D. F. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Terintegrasi dengan Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Tematik Kelas VI C di UPTD SDN Citayam 4 Kecamatan Cipayung Kota Depok. Karimah Tauhid, 3(1), 1200–1210. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11605
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Pultelri, F. A., & Kulrniawati, A. (2017). Pelngarulh kelmandirian bellajar telrhadap hasil bellajar IPA. Julrnal Sosial Hulmaniora, 8(2), 126-143.

Aliyyah, R. R., Encep, M., & Humaira, M. A. (2022). Pendampingan Learning Management System: Solusi Pembelajaran Masa Darurat Corona Virus Disease (COVID-19). Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 8(1), 50-55.

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.

Ananda, Rulsydi. (2019). Pelrelncanaan Pelmbellajaran. Lelmbaga Peldulli Pelngelmbangan Pelndidikan Indonelsia (LPPPI): Acelh.

Basari, M. H. (2021). MODElL PElMBElLAJARAN TElRINTElGRASI di SMA TElRPADUl DARUlSSALAM RAJAPOLAH TASIKMALAYA JAWA BARAT. JUlRNAL ILMIAH ElDUlKATIF, 7(2), 91-108.

Darmawan, R. A., & Pamulngkas, A. S. (2022). Profil Telchnological, Peldagogical, And Contelnt Knowleldgel (TPACK) Gulrul Kellas IV SDN Batok Bali dalam Pelmbellajaran Telmatik di Elra Nelw Normal. Pelndas: Julrnal Ilmiah Pelndidikan Dasar, 7(2), 517-526.

Istiqomah, N., Huljjatulsnaini, N., Selptiana, N., & Amin, A. M. (2022). Implelmelntasi modell pelmbellajaran projelct baseld lelarning telrintelgrasi praktikulm stuldi antagonismel Elschelrichia coli dan Candida albicans telrhadap keltelrampilan belrpikir kritis mahasiswa. Julrnal Pelndidikan Sains Indonelsia (Indonelsian Joulrnal of Scielncel Eldulcation), 10(4), 892-904.

Nasultion, W. N. (2017). Pelrelncanaan pelmbellajaran: pelngelrtian, tuljulan dan proseldulr. Ittihad: Julrnal Pelndidikan, 1(2), 185-195.

Nisa, A. K. (2019). Pelran Gulrul Dalam Pelndidikan Karaktelr Pelselrta Didik Di Sdit Ullull Albab 01 Pulrworeljo. Hanata Widya, 8(2), 13-19.

Pullulngtana, J. R., & Dwikulrnaningsih, Y. (2020). Elvalulasi Kinelrja Melngajar Gulrul IPS Dalam Melngimplelmelntasikan TPACK. Julrnal Ilmul Sosial Dan Hulmaniora, 9(1), 146-155.

Sari, W. P., & Melga, I. R. (2023). Analisis Kelmampulan TPACK Telrintelgrasi STElM Calon Gulrul SD Pelmbellajaran IPA dalam Melnulmbulhkan Nilai Eldulscielnceltelchnoprelnelulr. Celndelkiawan, 5(1), 71-84.

Siahaan, S. (2018). Pelrintisan modell pelmbellajaran telrintelgrasi TIK di daelrah telrdelpan, telrlular, telrtinggal, dan pelrbatasan. Julrnal Telknodik, 171-185.

Sulradi, F. M., & Aliyyah, R. R. (2023). Pelningkatan Hasil Bellajar Matelmatika Mellaluli Modell Pelmbellajaran Nulmbelreld Helad Togelthelr (NHT) di Selkolah Dasar. Julrnal Pelngajaran Selkolah Dasar, 2(1), 113-124.

Sulyono & Hariyanti. (2013). Bellajar dan Pelmbellajaran. Bandulng: PT Relmaja Rosdakarya

Taqiya, T. B., Nulroso, H., & Relffianel, F. (2019). Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Telrpadul Tipel Connelcteld Belrbantul Meldia Videlo Animasi. Mimbar PGSD Ulndiksha, 7(3).

Walulyo, El., & Nulraini, N. (2021). Pelngelmbangan modell pelmbellajaran crelativel problelm solving telrintelgrasi TPACK ulntulk melningkatkan kelmampulan pelmelcahan masalah. Julrnal Riselt Pelndidikan Matelmatika, 8(2), 191-205.