Identitas Logo Partai dalam Pemahaman Politik Kader PKS DPC Bogor Selatan

Main Article Content

Subekti Pamungkas

Abstract

Atribut ini berupa nama, lambang/logo, bendera, mars, dan himne. Bahwa logo menjadi identitas yang membedakan antara kelompok lain. Pada penelitian komunikasi politik, seseorang dapat memahami makna komunikasi nonverbal yang terdapat dalam logo menjadi sebuah identitas. Tiga komponennya yaitu komunikator, pesan dan komunikan. Metode kualitatif digunakan pada beberapa pertimbangan. Pertama masalah yang dibawa bersifat sementara, kedua berkembang sesuai dengan informasi, observasi, analisis data. Berdasarkan hasil penelitian kader PKS Bogor Selatan lebih banyak memahami logo partai. Dengan didukung oleh kegiatan partai, menjadikan kader memahami maksud visi misi. Logo menjadi simbol penting dalam mengidentifikasi. Logo terbaca dan teridentifikasi dengan mudah, namun bagi mereka yang kurang familiar tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang logo memerlukan penjelasan tambahan. Namun keseluruhan dari logo telah berhasil menciptakan identifikasi visual yang kuat bagi kadernya. Salah satu bentuk pengenalan dari logo dengan mengadakan pelatihan, pendidikan politik. Maka disimpulkan bahwa kader memahami penggunaan logo sesuai dengan teori yang efektif dan efisien, logo yang baik harus sederhana, mudah diingat, identifikasi, relevan, dapat mencerminkan nilai, visi misi, membangun citra, fleksibel, dapat diaplikasikan diberbagai media, memiliki ukuran dan kualitas, mudah dikenali dalam membangun identitas dan citra.

Article Details

How to Cite
Pamungkas, S. (2024). Identitas Logo Partai dalam Pemahaman Politik Kader PKS DPC Bogor Selatan. Karimah Tauhid, 3(1), 1221–1227. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11472
Section
Articles

References

Prof. Dr. Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Dr. Muhammad Luthfie, Drs., M.Si. & Dr. Tati sarihati, Dra., M.Si. (2019). Komunikasi Politik, Media Massa, dan Opini Publik.

Dr. Thomas Tokan Pureklolon,M.Ph.,M.M.,M.Si. (2016). Komunikasi Politik Mempertahankan Integritas Akademisi, Politikus, dan Negarawan.

Muhamdam Labodo. (2015). Partai Politik dan Sistem Pemilihan Umum di Indonesia Teori, Konsep dan Isu Strategis.

Morissan, M.A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu,. Prena Media Group.

Ronald (2004). Panduaan Aplikatif Membuat Desain Grafis dg Corel Draw Graphics Suite 11. Elek Media Komputindo.

Majelis Pertimbangan Pusat Partai Keadilan Sejahtera. (2008). Memperjuangkan Masyarakat Madani Edisi Gabungan Falsafah Dasar Perjuangan dan Platform Kebijakan Pembangunan PK Sejahtera, Cetakan ke-1.

Mustofa Hilmi, M. Sos. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual, Nasya Expanding Management.

Ricky W. Putra. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan.

Lia Anggraini S. & Kirana Nathalia. (2021). Desain Komunikasi Visual, Panduan untuk Pemula. Cetakan ke-VI. Nuansa Cendikia.

Akhmad Danial. (2009). Iklan Politik TV Modernisasi Kampanye Politik Pasca Orde Baru. LKIS

Bundel. (2020). Dokumen DPC PKS Bogor Selatan.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.