Evaluasi kreativitas berpikir mahasiswa dalam materi Bahasa Inggris Matematika pada Program studi Pendidikan Matematika UNU Pasuruan semester 5

Main Article Content

Agus Qowiyuddin
Barizatus Sholikhah
Finuril Maulah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara bahasa Inggris dan konsep matematika dalam pemikiran mahasiswa pada semester 5 program Studi Pendidikan Matematika. Melibatkan 20 subjek, data dikumpulkan melalui uji Google Form yang menilai kemampuan berpikir kreatif terkait pemahaman dan penjelasan konsep matematika dalam bahasa Inggris. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi bahasa Inggris dan matematika dalam pembelajaran meningkatkan pemahaman konsep matematika dan mendorong berpikir kreatif pada mahasiswa. Mahasiswa yang berhasil mengintegrasikan kedua aspek tersebut menunjukkan tingkat berpikir kreatif yang tinggi, dipengaruhi oleh kemahiran berbahasa, pemahaman matematika, dan tingkat kreativitas. Pendekatan inklusif diperlukan untuk mengakomodasi berbagai tingkat kemampuan mahasiswa. Evaluasi kegiatan pengajaran dan partisipasi mahasiswa menunjukkan hasil positif, meskipun evaluasi mendalam diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam aspek tertentu dari materi. Penelitian ini mendukung pengembangan strategi pengajaran holistik yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memperkaya pemahaman konsep matematika dan keterampilan kreatif mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Qowiyuddin, A. ., Sholikhah, B., & Maulah, F. . (2024). Evaluasi kreativitas berpikir mahasiswa dalam materi Bahasa Inggris Matematika pada Program studi Pendidikan Matematika UNU Pasuruan semester 5. Karimah Tauhid, 3(1), 50–62. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11427
Section
Articles

References

Arie Wahyuni, Prihadi Kurniawan . Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Matematika Vol. 17(2). 2018.

Azhari. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No. 2 Juli 2013.

E. Paul Torrance, Guiding Creative Talent. Englewood Cliffs, N. J.: Prentice Hall, 1962. 278 Pages

Ersoy, E., The Effects Of Problem-Based Learning Method In Higher Education On Creative Thinking. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Vol. 116, 2014. pp. 3494-3498.

Fauziah. Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Edisi Khusus No. 2, 2011. ISSN 1412-565x

Febriana, R. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika Offset. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/715

La Hewi, Muhamad Saleh, 2020. Refleksi hasil PISA (The Programme for International Student Assesment) : Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. Vol 4 No 1, Hal 30-41

Marsitin Retno. 2014. Pembelajaran Matematika berbahasa Inggris melalui cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan kualitas perkuliahan program studi Pendidikan Matematika. ejournal.unikama.ac.id

Meika, I., & Sujana, A., Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). 2017.

Nur'aini, E Harahap, F Badruzzaman, D Darmawan, Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra, Jurnal Matematika, Vol. 16., No. 2., 2017.

P Annurwanda • 2022. Mathematical induction proofing: Procedural fluency reviewed from the creative thinking level of mathematics students. Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Sudarma, M. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa Beta.

Sumarmo, Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI, 2013.

Tri Mulyaningsih, Novisita Ratu, 2018. Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola bilangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter FKIP UM Mataram. Vol 1 No 1 Hal 34 – 41

W Pramudita • 2017. Studi Penguasaan Matematika Dan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd). Universitas Kristen Satya Wacana

Winata, R., Friantini, R. N., Annurwanda, P., Annur, M. F., & Permata, J. I. (2020). The arguments of mathematics education students to solve proof problems. AIP Conference Proceedings, 2268(September). https://doi.org/10.1063/5.0026049